Kita sudah terjunkan tim medis
Tangerang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menerjunkan 17 tenaga medis dan dua unit ambulans ke lokasi kebakaran di TPA Rawakucing Neglasari, Kota Tangerang, Banten.

"Kita sudah terjunkan tim medis dalam membantu penanganan peristiwa kebakaran di sana," kata Sony Maulana, Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kota Tangerang di Tangerang, Jumat.

Sony menuturkan para tenaga medis yang diterjunkan nantinya tak hanya membantu warga sekitar tetapi juga petugas pemadam yang sedang bekerja memadamkan api.

Apalagi kebakaran yang terjadi TPA Rawakucing sejak siang hari hingga malam ini belum juga padam dan api semakin membesar karena membakar tumpukan sampah lainnya.

"Kita siapkan segala keperluan untuk membantu dalam proses pemadaman ini. Bahkan kita juga siapkan menambah personil nantinya," ujar dia.

Baca juga: TPA Rawakucing terbakar, BPBD Tangerang berupa padamkan api
Baca juga: Bupati Tabanan bentuk tim terpadu padamkan api di TPA Mandung


Perlu diketahui kebakaran di TPA Rawakucing terjadi Jumat pukul 14.00 WIB yang diduga disebabkan cuaca panas. Api cepat membesar karena sampah plastik yang mudah terbakar.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengatakan api muncul pertama kali di area landfill pintu satu. Namun karena kencangnya tiupan angin merambat ke tumpukan sampah di pintu dua dan tiga.

Sebanyak 105 personil dan 24 unit mobil pemadam kebakaran pun diterjunkan dalam memadamkan api. Pemkot Tangerang juga mengerahkan 10 unit mobil tangki dari Disbudpar dan empat mobil DLH dalam membantu percepatan pemadaman.

Baca juga: Kebakaran TPA sampah di Bandarlampung meluas, capai tiga hektare
Baca juga: Pemprov Lampung siap bantu padamkan kebakaran TPA Bakung
Baca juga: BPBD Denpasar: Hampir separuh luasan TPA Suwung terbakar

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023