Tangerang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Banten menyiapkan enam titik pos kesehatan, tiga unit mobil ambulans dan dua mobil jenazah dalam momentum mudik lebaran 2023.

Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Jumansyah di Tangerang Selasa mengatakan keenam titik tersebut diantaranya Rest Area Pinang, Pertigaan Gajah Tunggal, Terminal Poris Plawad, Daan Mogot dan dua titik lainnya berjalan.

"Ini bentuk kepedulian kita kepada masyarakat dalam rangka pengamanan, jika ada kecelakaan kita lebih cepat. Rumah sakit dan ambulance kita siap,” kata Oman.

Dijelaskannya kesiapsiagaan selama momentum mudik Lebaran tahun 2023 ini menjadi sebuah kewajiban bagi PMI untuk ikut serta dalam penjagaan pelayanan kesehatan.

Baca juga: PMI siagakan perawat hingga ambulans di Terminal Kampung Rambutan

Baca juga: PMI siapkan ratusan posko dukung kelancaran arus mudik-balik Lebaran


Oman menyebutkan setiap titik akan disiagakan sebanyak enam orang. Pos pelayanan kesehatan tersebut mulai beroperasi sejak H-7 sampai dengan H+3.

Selain itu, pelayanan tersebut juga beroperasi sejak pagi hingga malam hari. Kendati demikian, untuk semua peralatan telah dipersiapkan guna memenuhi kebutuhan para pemudik.

“Dari abis Ashar sampai jam 12 malam. Kalau terminal dan rest area dari pagi, kalau orang capek segala macam, bisa dicek kesehatan ada klinik darurat,” ujarnya.

Baca juga: PMI siapkan ratusan posko dukung kelancaran arus mudik-balik Lebaran

Baca juga: Disnakertrans Jatim fasilitasi mudik gratis PMI

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023