"Kami menyambut baik kehadiran KPU Kabupaten Kediri yang membawa manfaat bagi santri salah satunya dengan meningkatkan jiwa demokrasi terlebih dalam momen Pemilu Tahun 2024,"
Kediri (ANTARA) - Pondok Pesantren Tabassam Al-Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menilai kegiatan nonton film yang diprakarsai KPU merupakan edukasi bagi santri menjelang Pemilu 2024 sangat bermanfaat.

Penasehat Ponpes Tabassam Al-Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri K.H. Nur Huda menyampaikan bahwa bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional, Pesantren Tabassam, Kabupaten Kediri mengemukakan kegiatan yang digelar KPU Kabupaten Kediri ini dapat meningkatkan jiwa demokrasi bagi para santri dan santriwati.

"Kami menyambut baik kehadiran KPU Kabupaten Kediri yang membawa manfaat bagi santri salah satunya dengan meningkatkan jiwa demokrasi terlebih dalam momen Pemilu Tahun 2024," katanya di Kediri, Senin.

Ia menambahkan, edukasi tentang pemilu yang dikemas lewat film juga sangat menarik. Santri lebih mempunyai gambaran terkait pemilu sehingga nantinya bisa menyuarakan aspirasinya bagi yang mempunyai hak pilih.

Pihaknya juga berkomitmen mendukung kegiatan KPU Kabupaten kediri termasuk yang dikemas dalam kegiatan nonton bareng ini. Ke depan, diharapkan edukasi juga terus dilakukan bukan hanya lewat film melainkan program lainnya, sehingga santri menjadi lebih paham tentang demokrasi dan pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi mengucapkan terima kasih kepada segenap Pimpinan Pesantren Tabassam Al-Falah, Desa Ploso, Kecamatan Mojo yang telah memfasilitasi kegiatan yang diselenggarakan KPU Kabupaten Kediri.

Ninik juga berharap dengan diselenggarakan acara ini dapat meningkatkan partisipasi pada Pemilu 2024 khususnya di lingkungan santri serta dapat terciptanya pemilih-pemilih muda dan cerdas dari kalangan santri.

"Saya mewakili KPU Kabupaten Kediri menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan pondok pesantren yang telah memfasilitasi acara ini. Kami juga berharap nantinya seluruh santri yang telah memiliki hak pilih dapat menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024," kata Ninik.

Kegiatan ini digelar di area pesantren tersebut, yang dihadiri para santri. Dari KPU Kabupaten Kediri juga hadir yakni Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi, Anggota KPU Kabupaten Kediri Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Nanang Qosim, Anggota KPU Kabupaten Kediri Divisi Perencanaan Data dan Informasi Eka Wisnu Wardhana, serta Sekretaris Randy Agatha Sakaira bersama staff.

Acara ini digelar sebagai tindak lanjut atas Surat Edaran KPU RI Nomor 1015/PP.06-SD/09/2023 yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat guna mendukung tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang digelar serentak.

Kegiatan ini tidak hanya digelar dalam rangkaian Hari Santri, 22 Oktober 2023, melainkan juga akan digelar pada tanggal 28 Oktober 2023 pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023