Istanbul, Turki (ANTARA) - Organisasi Kantor Berita se-Asia Pasifik (OANA) membahas upaya pemberantasan disinformasi yang terjadi saat ini di tengah belantara informasi.

"Kami memilih tema konferensi OANA tahun ini dengan berfokus kepada disinformasi dan strategi dalam memberantasnya," kata Direktur Utama Kantor Berita Turki Anadolu, Serdar Karagoz, dalam sambutan sebagai penyelenggara Konferensi dan Pertemuan Ke-51 Dewan Eksekutif OANA di Gedung Anadolu, Istanbul, Turki, Senin.

Konferensi dan Pertemuan Ke-51 Dewan Eksekutif OANA berlangsung pada 23 Oktober 2023 di Istanbul dengan mengangkat tema "Kerja Sama antara Kantor Berita dalam Memberantas Disinformasi".

Menurut Serdar mengutip penelitian Universitas Oxford kepada 37 negara pada 2018, Turki mengalami paparan disinformasi tertinggi, mencapai 49 persen.

Anadolu juga menilai sejumlah negara Asia Pasifik terkena paparan besar disinformasi.

Sementara itu, Presiden OANA Ali Naderi, mengatakan kendati teknologi membantu mempermudah diseminasi informasi, namun juga dibarengi dengan sisi buruk yakni penyebaran disinformasi yang juga cepat.

Menurut Ali, yang juga menjabat Direktur Utama Kantor Berita Iran IRNA itu, disinformasi dapat menyerang masyarakat hingga pengambil kebijakan di seluruh dunia.

Bahkan berita palsu memprovokasi respons dari kepala negara dan pemerintahan yang pada akhirnya beberapa dari mereka mengoreksi pernyataannya, ujar Ali.

"Disinformasi begitu menyeramkan, dan organisasi media diharapkan dapat melindungi masyarakat dari paparannya," katanya.

Dia menjelaskan bahwa media sosial banyak disalahgunakan dalam menyebarkan disinformasi.

"Dalam acara OANA ini, kami ingin menginvestigasi dan menekankan peran kantor berita dalam memberantas informasi salah. Dalam hal ini, kami juga ingin menjajaki sejumlah upaya kerja sama antar kantor berita," kata Ali.

Rangkaian Konferensi dan Pertemuan Ke-51 Dewan Eksekutif OANA akan melaksanakan dua sesi panel terkait disinformasi dan peran kantor berita, serta pertemuan teknis yang membahas evaluasi kegiatan OANA.

Turut hadir dalam acara itu antara lain Direktur Utama Perum LKBN Antara Akhmad Munir, Direktur Utama Kantor Berita Azertac Vugar Aliyev, Direktur Utama Kantor Berita Kyodo Moriyasu Chikazawa, dan Deputi Pertama Direktur Jenderal Kantor Berita TASS Mikhail Gusman.

Selain itu beberapa pejabat lain juga turut hadir yaitu Direktur Jenderal Kantor Berita VNA Vu Viet Trang, Direktur Jenderal Kantor Berita WAM Mohammad Al Rayssi, dan Direktur Kecerdasan Buatan Kantor Berita Xinhua Wang Zhonghao.

“Saya mengapresiasi Kantor Berita Anadolu dalam menyelenggarakan pertemuan ini dan diharapkan dapat menghasilkan usulan-usulan kreatif dan keputusan kolaboratif yang bermanfaat di masa mendatang,” tutup Ali.

Baca juga: Sidang Umum OANA, ANTARA ucapkan selamat ke Presiden OANA 2019-2022
Baca juga: Sidang Umum OANA hasilkan Deklarasi Seoul
Baca juga: Sidang Umum OANA, Direktur Pemberitaan ANTARA diterima Presiden Korsel

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023