Kami ingin mengundang sejumlah kantor berita ASEAN untuk memanfaatkan fasilitas tersebut
Istanbul, Turki (ANTARA) - LKBN Antara memperkenalkan fasilitas ASEAN Newsroom Corner kepada mitra asal Vietnam di sela-sela jamuan makan malam rangkaian Konferensi dan Pertemuan Ke-51 Dewan Eksekutif Organisasi Kantor Berita se-Asia Pasifik (OANA) di Turki.

"Kami akan mendirikan ASEAN Newsroom Corner di kantor kami yang berlokasi di pusat Kota Jakarta dan akan siap pada tahun depan. Kami ingin mengundang sejumlah kantor berita ASEAN untuk memanfaatkan fasilitas tersebut," kata Direktur Utama Perum LKBN Antara Akhmad Munir di Istanbul, Turki, Senin malam.

Menurut Cak Munir, sapaan akrab Dirut Antara, area co-working space itu bisa menjadi tempat berkumpul wartawan Asia Tenggara sehingga meningkatkan rasa saling paham antarmasyarakat.

"Hal itu untuk memperkuat kerja sama antar kantor berita di ASEAN dan menumbuhkan potensi kolaborasi bisnis di masa depan," kata Cak Munir.

Dia mengharapkan tahun depan dicapai nota kesepahaman antarkantor berita di ASEAN mengenai ASEAN Newsroom Corner.

ANTARA, tambah Cak Munir, juga akan menjajaki rencana ASEAN Newsroom Corner itu kepada Kantor Berita Malaysia Bernama, Kantor Berita Filipina PNA, dan sejumlah kantor berita ASEAN lainnya.

Baca juga: Antara dukung OANA sepakati Deklarasi Istanbul berantas disinformasi

Sementara itu, Direktur Jenderal Kantor Berita Vietnam VNA, Vu Viet Trang, menanggapi positif penjajakan itu.

"Saya menilai baik hal itu karena kami memiliki biro di Jakarta," kata Trang, seraya menyatakan mendukung usul mendirikan fasilitas tersebut.

Trang menyatakan pihaknya akan berdiskusi lebih lanjut mengenai upaya mengoperasikan ASEAN Newsroom sehingga dapat bermanfaat luas.

ASEAN Newsroom Corner adalah area kerja bersama bagi wartawan asal kantor berita di  Asia Tenggara.

Rencananya, fasilitas yang akan berlokasi di Kompleks Perantaraan Pasar Baru tersebut bisa dimanfaatkan oleh wartawan mulai awal 2024.

Pada KTT Ke-43 ASEAN di  Jakarta beberapa waktu lalu, peresmian simbolis ASEAN Newsroom dihadiri antara lain oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Wakil Menteri Kemenkominfo Nezar Patria, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong, serta Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, dan Dirut Perum LKBN Antara Akhmad Munir.

Baca juga: OANA angkat isu perlindungan jurnalis di Palestina

 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023