Palangka Raya (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) bersama LKBN ANTARA melaksanakan seminar nasional untuk membekali generasi muda dengan kemampuan komunikasi yang efektif.

"Komunikasi yang efektif itu sangat penting, sebab semua ataupun segala sesuatu itu ditentukan bagaimana kita bisa mengoptimalkan ruang dalam berkomunikasi," tegas Rektor UMPR Dr H. Muhammad Yusuf di Palangka Raya, Kamis.

Baca juga: LPS: Perlu komunikasi publik yang efektif soal penjaminan simpanan

Hal itu dia sampaikan saat membuka Seminar Nasional yang mengusung tema "Komunikasi efektif generasi Z sukses raih peluang dunia kerja" yang dihadiri ratusan peserta, mulai mahasiswa hingga para siswa dari SMA sederajat.

Seminar nasional ini menghadirkan sejumlah narasumber, mulai dari Redaktur Pelaksana LKBN ANTARA Sapto Heru Purnomojoyo, Ketua Stikosa Jokhanan Kristiyono, serta Kaprodi Magister Administrasi Publik Aquarini. Selain itu sebagai pembicara kunci yakni Direktur Utama LKBN ANTARA Akhmad Munir.

Baca juga: Komunikasi efektif orang tua dengan anak-guru optimalkan KBM daring

Lebih lanjut Yusuf menyampaikan, membangun komunikasi secara efektif sangatlah penting terlebih bagi generasi muda di masa kini yang digempur dengan masifnya perkembangan dan kemajuan teknologi informasi.

Menurutnya, di era digital saat ini, ruang komunikasi langsung yang tersedia tidak sebanyak dulu, karena sebagian besar telah terpenuhi ataupun terpangkas dengan adanya teknologi informasi. Maka komunikasi yang dibangun secara efektif menjadi sebuah keharusan.

Baca juga: UMPR permudah warga Kalteng untuk akses pendidikan tinggi

"Salah satunya bagaimana kita secara efektif menyampaikan esensi yang diinginkan dalam sebuah komunikasi yang dibangun. Sehingga kita tidak kehabisan energi saat sedang berkomunikasi, karena terlalu melebar mengakibatkan esensi yang hendak disampaikan malah tidak terwujud, ini yang harus kita hindari," tuturnya.

Oleh karenanya UMPR yang salah satunya berkolaborasi bersama LKBN ANTARA, menggelar seminar nasional pada hari ini, dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten di bidangnya, diharapkan dapat semakin meningkatkan pemahaman serta kemampuan generasi muda dalam berkomunikasi.

Baca juga: Waket DPRD Kalteng dukung rencana UMPR membuka Fakultas Kedokteran
Baca juga: Dirut ANTARA ajak generasi muda di Kalteng perkuat "personal branding"

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023