Jakarta (ANTARA) - Pembalap tim Honda Racing Avila Bahar optimis meraih hasil memuaskan di seri pamungkas Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2023 di kelas Kejurnas ITCR 1500 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor.

Pada ISSOM 2023 seri kelima di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu, Avila Bahar yang start dari posisi kedua terus membuntuti Fitra Eri yang start di posisi satu sejak lap awal. Masuk trek lurus, Avila terus mengejar pembalap senior Fitra Eri, pun di beberapa tikungan ia masih saja membuntuti Fitra di posisi kedua. Keduanya konsisten menjaga posisi masing-masing.

Hingga memasuki dua lap terakhir, Fitra sedikit melakukan kesalahan hingga Avila mampu menyalib pembalap yang merupakan seniornya itu. Posisi Avila dan Fitra pun berbalik, giliran Avila yang memimpin dan Fitra di tempat kedua hingga finis.

Baca juga: Avila Bahar raih modal berharga di Sentul sebelum membalap di Malaysia

Kegembiraan Avila harus diakhiri lantaran pihak Sentul membatalkan kemenangan Avila karena dianggap mengambil keuntungan dari senggolan di lintasan dengan Fitra Eri sehingga posisinya melorot ke tempat kelima.

“Posisi kami sejak awal memang begitu seimbang. Om Fitra di depan sesuai start dan kami terus fight kencang. Tapi, kali ini mobil memang lebih siap dibanding seri sebelumnya sehingga saya bisa mengambil posisinya dan naik ke posisi terdepan. Terima kasih buat tim yang sudah melakukan semua ini hingga mobil begitu paten di lintasan,” kata Avila dilansir dari keterangan resmi, Senin.

Bagi Avila balapan ini menjadi persiapan awal baginya jelang tampil di Kejuaraan bergengsi nanti di Malaysia Championship di Sirkuit Sepang, di mana balapan akan dijalankan sepanjang Sembilan jam atau 1.000 km di lintasan.

Hasil berbanding terbalik diperoleh ayah Avila, Alvin Bahar. Pembalap pentolan tim Honda Racing Indonesia tersebut tampil di kelas Kejurnas  ITCR 3600 Max dan meraih posisi terbaik hingga menempati podium utama di kelas itu.
 
“Hari ini luar biasa. Trek begitu panas tapi semua bisa berjalan sesuai yang kami harapkan. Tim melakukan semuanya dengan baik untuk pacuan kami,” jelas Alvin.

Baca juga: One Make Race di ISSOM 2023 jadi kesempatan pebalap muda unjuk gigi
 

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023