London (ANTARA) - Pemerintahan Biden ingin memastikan perjalanan yang aman bagi orang-orang yang keluar dari Gaza, terutama bagi warga negara AS, kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby pada Senin (23/10).

“Kami masih ingin melihat jalur keluar yang aman dan khususnya bagi beberapa ratus warga Amerika yang kami tahu berada di Gaza dan ingin meninggalkan Gaza,” kata Kirby.

Kirby mengatakan para pejabat AS dan Israel telah melakukan diskusi terbuka mengenai rencana invasi darat Israel ke Gaza, tetapi dia mengatakan bahwa waktu dan rincian lainnya pada akhirnya bergantung pada pejabat Israel.

Kirby mengatakan bahwa bantuan kemanusiaan yang berkelanjutan – makanan, air dan pasokan medis – sangat penting serta pasokan harus dikirim ke wilayah tersebut sesegera dan sebanyak mungkin, terlepas dari apakah ada invasi darat Israel atau tidak.

Kirby mengatakan pemerintah mempunyai kekhawatiran yang sama bahwa sebagian bantuan kemanusiaan akan dialihkan untuk tujuan Hamas, tetapi dia mengatakan belum ada bukti bahwa hal itu terjadi.

Sumber: Reuters

Baca juga: Biden dukung gencatan senjata di Gaza jika semua tawanan dibebaskan
Baca juga: Israel serang kamp pengungsian di Gaza, berdalih targetkan Hamas

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023