Dubai, Uni Emirat Arab, (ANTARA/PRNewswire)- Di 2023 Global Mobile Broadband Forum (MBBF 2023), Cao Ming, President, Wireless Solution, Huawei, meluncurkan solusi "full-series 5.5G" pertama di industri. Di acara ini, Cao berkata, "5.5G hadir pada momen yang tepat guna mendukung pengalaman, koneksi, dan layanan baru," serta menekankan, "Solusi 'full-series 5.5G' Huawei akan membantu operator telekomunikasi mencapai peningkatan kapabilitas hingga 10 kali lipat, serta mewujudkan efisiensi energi, utilisasi spektrum, dan efisiensi O&M yang sangat tinggi."


5.5G Hadir pada Momen yang Tepat guna Memutakhirkan Koneksi Seluler

Bisnis 5G telah mengalami ekspansi selama empat tahun terakhir, berkembang jauh lebih cepat dari teknologi seluler sebelumnya. Penggunaan 5G dalam skala luas menciptakan momentum pertumbuhan baru bagi ekonomi digital. 5G pun mendorong berbagai pengalaman, koneksi, dan layanan baru. Bahkan, 5G telah menghadirkan dunia imersif bagi pelanggan individual dan pengguna rumahan. 5G juga memperluas koneksi IoT hingga merambah seluruh skenario, serta hadir dalam proses produksi inti dan mendukung aktivitas produksi yang fleksibel. Seluruh hal ini tercapai berkat 5G. Di sisi lain, 5G juga mempercepat layanan vehicle to everything (V2X) yang menghadirkan era transportasi pintar.

5.5G kini hadir dalam momen yang tepat guna memutakhirkan koneksi antara manusia, rumah, benda, kendaraan, dan industri. Maka, solusi "full-series 5.5G" Huawei membantu operator telekomunikasi membangun jaringan 5.5G secara efisien berkat inovasi berkelanjutan pada lima jenis fitur dasar: pita lebar, multi-band, multi-antenna, teknologi pintar, dan aspek ramah lingkungan.

Produk "Full-Series 5.5G" Mewujudkan Peningkatan Kapabilitas hingga 10 Kali Lipat

TDD multi-band multi-channel ELAA untuk pengalaman 10 Gbps. Extremely large antenna array (ELAA) mendukung jaringan 5G komersial meningkatkan jangkauan TDD dan efisiensi energi secara signifikan. Setelah telekomunikasi beralih ke ELAA baru, 128T MetaAAU pertama di industri yang mengintegrasikan lebih dari 500 elemen antena berfungsi dengan algoritma multidimensional high-resolution beam sehingga meningkatkan pengalaman penggunaan jaringan sebesar 50%. Dengan ELAA yang telah dimutakhirkan, 64T MetaAAU dual-band yang pertama di industri bekerja dengan elemen dual-band converged agar jangkauan jaringan terdapat pada pita frekuensi tinggi dan rendah secara sekaligus. Hal tersebut mewujudkan pengalaman 5-10 Gbps terbaik dengan solusi multi-carrier.

FDD full-series GigaGreen yang meningkatkan pengalaman dasar. FDD triple-band Massive MIMO yang pertama di industri dan modul triple-band 8T mendukung pita lebar level GHz, serta mewujudkan 1.8+2.1+2.6 GHz dalam satu kotak, serta berfungsi dengan FDD beamforming sehingga meningkatkan FDD spectral dan efisiensi energi. Dibandingkan 4T4R, FDD triple-band Massive MIMO menambah kapasitas hingga 10 kali lipat dan memperluas jangkauan hingga 10 dB. FDD triple-band 8T8R pun meningkatkan efisiensi spektral hingga tiga kali lipat dan memperluas jangkauan hingga 7 dB ketika berfungsi dengan true wideband dan dynamic power sharing.

mmWave AAU dengan rangkaian antena terbesar yang mewujudkan jangkauan koneksi 10 Gbps secara kontinu. Industri mmWave telah berkembang dengan baik. mmWave AAU pertama di industri menggunakan lebih dari 2.000 elemen antena yang mengatasi keterbatasan mmWave pada fitur co-site co-coverage dengan pita frekuensi C (C-band). Lewat koordinasi antara pita frekuensi tinggi dan rendah, jaringan mmWave menghasilkan peak throughput 10 Gbps dengan rata-rata 5 Gbps. AAU ini juga mendukung intelligent beam management, mengatasi kendala mmWave dari sisi mobilitas berkecepatan tinggi dan transmisi NLOS.

Peningkatan kinerja dan efisiensi energi DIS guna menghadirkan 5.5G di dalam ruang. Seri produk LampSite X mengintegrasikan lima pita frekuensi dan mmWave dalam satu kotak guna mendukung pita lebar utuh pada seluruh pita frekuensi untuk seluruh teknologi radio access. Seri produk ini juga mendukung super deep dormancy yang mengurangi konsumsi daya listrik off-peak menjadi hanya 1 Watt. Agar jangkauan jaringan terdapat pada area parkir bawah tanah dan tempat serupa lainnya, modul LightSite dengan fitur multi-band medium-power meningkatkan pengalaman penggunaan hingga 35% dan TCO yang lebih hemat dibandingkan solusi DAS biasa.

Inovasi antena dan microwave yang terus dilakukan demi mewujudkan konstruksi 5.5G yang efisien. Antena ramah lingkungan dengan direct injection feeding (SDIF) merombak arsitektur antena dan Meta Lens yang mengumpulkan beam energy sehingga efisiensi energi bertambah 25%. Microwave memiliki platform baru MAGICSwave yang memutakhirkan jaringan transportasi. MAGICSwave mendukung transmisi ultra-wide multi-channel yang meningkatkan efisiensi backhaul dengan kapasitas yang lebih besar untuk area perkotaan dan jarak transmisi yang lebih jauh di area pedesaan. MAGICSwave memiliki integrasi yang lebih baik sehingga jaringan dapat terus berkembang hingga 10 tahun mendatang.

5.5G yang Efisien dan Pintar Menjamin Efisiensi Jaringan Optimal

iHashBand2.0 spectrum pooling demi efisiensi spektrum 5.5G optimal. iHashBand2.0 mengubah penggunaan spektrum multi-band: Serving cell (MB-SC) mendiskontinu spektrum agar menggabungkan pita lebar besar virtual secara fleksibel. Maka, pengalaman 10 Gbps terwujud dengan efisiensi spektrum yang meningkat hingga 40%. Flexible spectrum access (FSA) mendukung full uplink band access fleksibel, mewujudkan uplink pada level Gbps dengan efisiensi spektrum yang lebih besar hingga 40%.

Full-scenario "0 Bit 0 Watt" untuk efisiensi energi 5.5G optimal. Peralatan full-series mendukung "0 Bit 0 Watt", menjadi produk pertama di industri yang memfasilitasi super deep dormancy dengan shutdown depth 99%, on-demand fast wakeup, dan millisecond-level shutdown pada level operator dan kanal. Solusi lokasi jaringan ini merealisasikan koordinasi pintar antara pasokan listrik dan peralatan, menjamin "0 Bit 0 Watt" di lokasi jaringan. Dengan iPowerStar, kebijakan efisiensi energi di lokasi jaringan dapat diterapkan berdasarkan tren arus penggunaan pada waktu yang berbeda-beda, ikut merealisasikan "0 Bit 0 Watt" pada level jaringan.

IntelligentRAN menuju L4 demi O&M 5.5G optimal. Jaringan akan bergantung pada semakin banyak pita frekuensi untuk menyediakan berbagai layanan dan koneksi, menjustifikasi tren 5.5G menuju high-level autonomy. IntelligentRAN juga mendukung L4 intent-based intelligence. Artinya, fitur pencegahan dan prediksi akan menggantikan O&M reaktif dengan metode proaktif. Jaringan pun mengenali service intent yang mewujudkan pengalaman deterministik, sedangkan, pengambilan keputusan multi-objective didukung guna mengoptimalkan pengalaman layanan dan efisiensi energi jaringan.

"Masa depan telah tiba. Huawei akan terus mengembangkan produk dan solusi inovatif lewat kolaborasi dengan seluruh mitra industri agar 5.5G terwujud," tutup Cao.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023