Xiamen (ANTARA News) - Penyelidikan awal menunjukkan kebakaran mematikan yang telah menewaskan 47 orang dan membuat 34 orang lagi dirawat di rumah sakit di Provinsi Fujian di China Timur adalah "kasus pidana serius", kata pemerintah lokal pada Sabtu pagi.

Satu BRT (bus rapid transit) terbakar di dekat perhentian bus Jinshan di Kota Xiamen pada pukul 18.20, Jumat, kata seorang pejabat dari pemerintah kotapraja.

Penyelidikan polisi memperlihatkan ban dan tangki bahan bakar bus tersebut masih utuh. Selain itu, penyebab kebakaran dipastikan adalah bensin padahal bus itu dilengkapi dengan mesin diesel. Semua itu menunjukkan peristiwa tersebut terjadi karena disengaja.

Pejabat pemerintah itu mengatakan kasus tersebut sebelumnya diidentifikasi sebagai kasus kejahatan serius dan penyelidikan lebih lanjut sedang dilakukan, demikian laporan Xinhua, Sabtu pagi.

Dewan Negara, Kabinet China, telah mengirim satu tim kerja yang dipimpin oleh Kanselir Negara dan Menteri Keamanan Masyarakat Guo Shengkun ke Xiamen pada Jumat malam untuk mengawasi penyelidikan mengenai kebakaran tersebut.

Tim kerja itu telah bekerjasama dengan pemerintah provinsi dalam penetapan rencana medis dalam melancarkan upaya perawatan.

(C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013