Kami siap bekerjasama dengan Rumania, baik pemerintah ke pemerintah, bisnis ke bisnis, dan orang ke orang.
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) bersama Pemerintah Rumania menjajaki kerja sama di sejumlah bidang, baik ekonomi, pendidikan, dan pariwisata.

"Kami siap bekerjasama dengan Rumania, baik pemerintah ke pemerintah, bisnis ke bisnis, dan orang ke orang," kata Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi saat menerima kunjungan Duta Besar Rumania untuk Indonesia Dan Adrian Balanescu, di Kantor Gubernur NTB, Mataram, Selasa.

Gita dalam kesempatan tersebut memaparkan berbagai potensi NTB yang bisa dikolaborasikan dengan Rumania. Potensi tersebut di berbagai bidang, seperti pendidikan, perdagangan, pertanian, peternakan, pariwisata hingga berbagai sektor investasi.

Pj Gubernur NTB juga menawarkan kawasan Kayangan Global Hub yang terbuka bagi para investor Rumania, berbagai komoditas khas NTB yang siap diekspor, serta para pemuda pemudi NTB yang siap menerima peluang beasiswa maupun program pertukaran pelajar ke Rumania.

"Kami siap datang ke Kedutaan Rumania di Jakarta, untuk membawa data untuk dipresentasikan," ujar Miq Gite, sapan akrab Lalu Gita Ariadi itu pula.

Miq Gite pun menyambut baik berbagai kemungkinan kerja sama dengan Pemerintah Rumania.

Duta Besar Rumania untuk Indonesia Dan Adrian Balanescu menjelaskan Pemerintah Rumania ingin mengenal NTB lebih jauh untuk mengetahui berbagai kemungkinan potensi kerja sama yang bisa dilakukan.

Berbagai kemungkinan kerja sama yang dilakukan Rumania dan Pemprov NTB, seperti menjadi "sister" provinsi, kerja sama di bidang perdagangan, pendidikan, bahkan pihaknya menyebutkan Rumania berniat untuk membangun konsulat dagang di NTB.

"Kami dapat menemukan beberapa peluang untuk berkolaborasi dan kami juga bisa menemukan berbagai kemungkinan untuk bekerjasama," katanya lagi.
Baca juga: Gubernur Jatim bahas kerja sama dengan Dubes RI untuk Rumania
Baca juga: Dubes RI bahas prioritas kerja sama politik, ekonomi dengan Rumania

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023