Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan potensi yang dimiliki 26 desa wisata yang ada di daerah itu cukup menjanjikan untuk kembangkan.

"Potensi desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong ini cukup menjanjikan, masing-masing desa ini memiliki potensi seperti sungai, hutan, air terjun, gunung dan lainnya," kata Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong M Budianto saat dihubungi di Rejang Lebong, Selasa.

Dia menjelaskan pembentukan 26 desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong tersebut dilakukan secara bertahap sejak 2018 hingga 2022 lalu tersebar dalam sembilan dari 15 kecamatan di Rejang Lebong.

Dari 26 desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong ini, kata dia, yang sudah berkembang dan berjalan baru ada tujuh desa diantaranya Desa Sumber Urip dengan potensi wisata TWA Bukit Kaba.

Kemudian Desa Karang Jaya dengan potensi danau dan pertanian, Desa Belitar Seberang dengan potensi wisata Air Terjun Tri Sakti, Desa Purwodadi dengan embung air, Desa Cawang Lama memanfaatkan potensi sungai, Desa IV Suku Menanti dengan potensi wisata berupa air terjun dan pertanian, dan Desa Kayu Manis dengan potensi sungai.

Menurut dia, untuk mengembangkan desa wisata ini dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) desa wisata yang memadai sehingga bisa menggali potensi wisata termasuk ekonomi kreatif di masing-masing desa.

"Kita telah memberikan program pembinaan kepada masing-masing desa wisata berupa peningkatan kapasitas kepariwisataan baik terkait dengan manajemen maupun ekonomi kreatif," terangnya.

Pengembangan SDM desa wisata ini, tambah dia, penting dilakukan agar mereka bisa berkembang dan memiliki daya saing dengan lokasi wisata lainnya sehingga kedepannya bisa menjadi salah satu tujuan wisata menarik di Kabupaten Rejang Lebong.

Baca juga: Desa wisata di Rejang Lebong kembangkan wisata edukasi


Baca juga: Dinas Pariwisata Rejang Lebong kembangkan SDM desa wisata

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023