Selain ikan, kawasan hutan bakau juga menjadi tempat bagi berkembang biaknya habitat lain, seperti udang dan kepiting.
Jayapura (ANTARA) - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua Iman Djuniawal mengajak warga untuk menjaga pesisir pantai yang menjadi tempat berkembang biaknya ikan, agar hasil tangkapan yang diperoleh meningkat.

"Memang benar dengan menjaga pesisir pantai terutama kawasan yang ada hutan bakau dan terumbu karang, maka ikan-ikan dapat berkembang biak dengan baik," kata Iman Djuniawal, di Jayapura, Selasa.

Selain ikan, kawasan hutan bakau juga menjadi tempat bagi berkembang biaknya habitat lain, seperti udang dan kepiting, katanya lagi.

Menurutnya, dengan terjaganya kawasan di pesisir pantai beserta hutan bakaunya, maka warga yang menjadi nelayan dapat dengan mudah memperoleh tangkapannya.

Apalagi nelayan di Tanah Papua termasuk nelayan tradisional yang mencari ikan hanya dalam radius tertentu.

"Kami berupaya mengajak warga yang bermukim di pesisir pantai untuk selalu menjaga habitat yang menjadi tempat berkembangbiaknya ikan, udang, dan lainnya, " kata Iman.

Dia menyatakan, hasil tangkapan nelayan khususnya di Kota Jayapura rata-rata untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga di wilayah pegunungan.

"Memang benar ikan hasil tangkapan nelayan dikirim menggunakan kargo udara ke Wamena, ibu kota Provinsi Papua Pegunungan," kata Iman Djuniawal.
Baca juga: Produk Perikanan Asal Papua Berhasil Tembus Pasar Singapura
Baca juga: Dinas Perikanan Jayapura melibatkan masyarakat menjaga ekosistem laut

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023