Timika (ANTARA) - Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah memberikan bantuan jaring bagi nelayan tangkap di empat distrik di daerah ini.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Clemens Ohoilulin kepada ANTARA di Timika, Sabtu, mengatakan empat distrik tersebut yakni Mimika Timur Jauh, Mimika Barat Tengah, Amar dan Mimika Barat Jauh.

"Jadi untuk 2023 ini kami memberikan bantuan jaring bagi empat distrik ini dan sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi," katanya.

Menurut Clemens, bantuan yang diberikan ke Distrik Mimika Timur Jauh bersumber dari Anggaran Belanja Daerah (APBD) dan tiga distrik lainnya menggunakan dana Otonomi Khusus (Otsus).

"Selain memberikan bantuan jaring kepada kelompok nelayan tangkap, kami juga melakukan pembinaan dan pelatihan perbaikan jaring," ujarnya.

Dia menjelaskan dari empat distrik penerima bantuan ada sembilan kampung di dalamnya yakni Kapia, Pronggo, Uwuka, Kawa, Manokwari, Potowaiburu, Ararau, Pormei dan Yapakopa.

"Selanjutnya untuk tahun mendatang akan beralih ke distrik yang lain agar semua merata bagi 11 distrik di wilayah perairan Mimika," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya berharap para kelompok nelayan tangkap selalu kompak dalam menjalankan usahanya, agar dapat terus berkembang menjadi sumber pendapatan tetap.

"Secara keseluruhan kita punya kelompok nelayan tangkap binaan ada 503, dan tersebar pada 11 distrik di wilayah perairan," ujarnya.

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023