Timika (ANTARA) - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar takbir keliling untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Kota Timika dengan melibatkan umat Islam setempat.

Sekretaris PHBI Kabupaten Mimika Ardi di Timika, Selasa, mengatakan seluruh umat Muslim di daerah ini antusias mengikuti takbir keliling meskipun daerah setempat diguyur hujan.

"Kami melihat antusias yang sangat luar biasa dari seluruh umat Muslim dalam mengikuti takbir keliling yang telah berlangsung sejak pukul 16.00 WIT hingga pukul 20.00 WIT," katanya.

Dia menyebut lebih dari 100 kendaraan mengikuti arak-arakan takbir keliling di Kota Timika hingga selesai.

"Kita berkumpul di Masjid Baiturahman SP 2 kemudian mulai melakukan takbir menuju Kantor Bupati Mimika dan melakukan Shalat Maghrib dan Isya di sana," ujarnya.

Baca juga: Polda Metro Jaya siap amankan malam takbiran di Jakarta

Dia menjelaskan sesuai shalat rombongan takbir melanjutkan perjalanan berkeliling Kota Timika hingga berakhir pada pukul 20.00 WIT di Pelataran Gedung Eme Neme Yauware di Jalan Budi Utomo Kota Timika.

"Kita juga mengadakan lomba mobil hias, ada 38 peserta yang mengikuti perlombaan dari sekitar 100 lebih kendaraan hias yang ikut arak-arakan takbir keliling hari ini," katanya.

Dia mengatakan 81 tempat Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di daerah ini, sedangkan pusat utama di Pelataran Gedung Eme Neme Yauware Kota Timika.

"Kami mengajak seluruh umat Muslim yang ada di Kota Timika, mari bersama-sama datang mengikuti Lebaran atau Shalat Idul Fitri pada besok (10/4) pagi, pukul 06.00 WIT," ujarnya.

Baca juga: Ratusan umat Islam Abepantai Jayapura pawai obor sambut Idul Fitri
Baca juga: Umat Islam di Biak pawai takbir keliling menyambut Idul Fitri
Baca juga: Kemenag-Masjid Istiqlal gelar pawai obor ramaikan malam takbir Lebaran

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024