Untuk program tahun ini kami mau buka perkebunan teh di wilayah Jalan Trans Nabire pada lokasi KBV, tempatnya cocok untuk perkebunan....
Timika (ANTARA) - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menyiapkan lahan perkebunan teh seluas 150 hektare di Jalan Trans Nabire.

"Untuk program tahun ini kami mau buka perkebunan teh di wilayah Jalan Trans Nabire pada lokasi KBV, tempatnya cocok untuk perkebunan karena di bawah kaki gunung," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura  dan Perkebunan Kabupaten Mimika Alice Wanma di Timika, Kamis.

Menurut Alice, bukan hanya untuk perkebunan teh, sebagian lokasi ditanami kopi, kakao, jagung, umbi-umbian yang dikelola oleh petani binaan Distanbun.

"Kami juga membuat saung tani agar para petani punya tempat untuk istirahat karena kami melihat mereka hanya membuat pondok seadanya," ujarnya.

Baca juga: Perkebunan teh miliki potensi pengurangan emisi gas rumah kaca

Dia menjelaskan pihaknya juga menyediakan bibit tanaman dan alat pertanian untuk mendukung aktivitas perkebunan dari para petani.

"Kami menyiapkan bibit juga peralatan kerja bagi petani untuk mendukung kerja mereka, karena lahan perkebunannya cukup luas," katanya.

Baca juga: Disbun Kaltim alokasikan Rp6,7 miliar perluas perkebunan rakyat

Dia menambahkan anggaran untuk program pembukaan lahan baru dan semua perlengkapan perkebunan sebesar Rp50 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024.

"Anggarannya sudah ada dan pembinaan bagi kelompok tani di wilayah perkebunan masih berjalan, harapan kami program ini dapat berhasil serta dikembangkan menjadi agrobisnis bagi petani," ujarnya.

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024