Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah menyebutkan bahwa realisasi investasi pada daerah ini mencapai Rp10 miliar lebih serta menempati urutan pertama tertinggi di Provinsi Papua Tengah.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mimika Beatriks Pademme di Timika, Rabu, mengatakan periode Januari hingga September 2023 telah mencapai Rp10.880 miliar.

"Ini merupakan pencapaian yang luar biasa untuk Papua Tengah, bahkan sebelumnya masih Papua berada pada posisi yang sama," katanya.

Menurut Beatriks, realisasi investasi Kabupaten Mimika akan terus meningkat karena memiliki iklim investasi dengan adanya PT Freeport Indonesia, sehingga investor terdorong untuk berinvestasi di daerah ini.

"Selain dari PT Freeport juga dari perusahaan lainnya yang turut menyumbang realisasi investasi ke kita karena mereka juga kontinyu melaporkan investasi yang ditanamkan," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap tingginya investasi di Kabupaten Mimika juga akan dapat mendorong penyerapan tenaga kerja lokal yang ada.

"Masyarakat Kabupaten Mimika juga harus memacu diri dan berlomba untuk memiliki standar keahlian yang dibutuhkan perusahaan yang berinvestasi disini," katanya lagi.

Dia menambahkan beberapa waktu lalu dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga telah melakukan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para pencari kerja.

"Kami berharap setiap peluang dan kesempatan yang disediakan oleh pemerintah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Mimika," ujarnya.

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023