Acapulco, Meksiko (ANTARA) - Topan Otis meluncur ke arah Acapulco yang menjadi kota tepi pantai favorit di Meksiko pada Selasa dan akan menghantam pantai Pasifik Meksiko sebagai badai kategori 5 yang "sangat berbahaya".

Otis diperkirakan tiba di daratan Rabu pagi, disertai dengan angin kencang dan hujan lebat. Pada Selasa sore badai tersebut sudah masuk kategori 4 dengan kekuatan angin 233 kilometer per jam, kata Pusat Badai Nasional (NHC) AS.

Pada pukul 06.00 waktu setempat, Otis berada 136,7 km di selatan dan tenggara Acapulco dan akan terus menguat sebelum menghantam daratan, kata NHC.

Sesaat setelah Otis sampai di daratan, kekuatannya akan melemah dengan cepat, kata NHC.

Kondisi topan diperkirakan berlangsung 12-24 jam di sepanjang garis pantai di antara kota pantai Zihuatanejo dan Punta Maldonado di negara bagian Guerreo tempat beradanya Acapulco.

Baca juga: China aktifkan tanggap darurat level IV banjir di wilayah selatan

Topan yang bisa membawa 38 cm curah hujan di sebagian Guerrero dan negara bagian Oaxaca itu bisa menyebabkan banjir dan longsor, gelombang badai yang "mengancam jiwa" serta ombak yang menggulung sebelum pecah, kata NHC.

Sekolah-sekolah di seluruh Guerrero diliburkan pada Selasa sebelum Otis mencapai daerah ini, kata Gubernur Evelyn Salgado dalam media sosial.

Sepanjang akhir pekan lalu topan Norma menewaskan paling sedikit tiga orang ketika menghantam pantai barat pantai Meksiko.

Beberapa hari sebelumnya, topan Lidia yang sangat kuat menewaskan satu orang dan menyebabkan beberapa orang luka-luka setelah memporak-porandakan Pantai Pasifik Meksiko.

Baca juga: Hong Kong banjir besar akibat sisa Topan Koinu

Sumber: Reuters
 

Penerjemah: Arie Novarina
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023