Jakarta (ANTARA) - Stefanos Tsitsipas, runner-up di Abierto Mexicano pada 2021, menghindari nasib buruk yang menimpa mantan finalis Taylor Fritz dan Tommy Paul pada babak pertama, dengan melaju ke babak kedua di Acapulco ATP 500, Selasa waktu setempat.

Petenis Yunani itu memperpanjang rekor kemenangannya melawan petenis di luar 20 besar Peringkat ATP menjadi 11 kemenangan dengan 6-3, 6-4 melawan Roman Safiullin.

Kesuksesan itu adalah kemenangan head to head pertama Tsitsipas melawan petenis peringkat 39 dunia tersebut, menyusul kekalahan straight set di Marseille pada 2022.

"Ini adalah salah satu babak pertama di mana Anda mendapatkan lawan yang bagus dan awal yang sangat bagus dan kuat sejak awal turnamen," kata Tsitsipas, seperti disiarkan ATP, Rabu.

"Saya tahu bahwa ketika berhadapan dengan Roman, dia adalah seseorang yang bisa bermain bagus di permukaan seperti ini. Dia mengambil bola lebih awal, mendorong Anda ke belakang. Itu adalah hal utama yang harus saya atasi hari ini, dan saya melakukannya dengan cukup baik."

Baca juga: Kalahkan Tsitsipas, Fritz tantang Djokovic di perempat final

Petenis peringkat 12 dunia itu naik dua peringkat ke peringkat 10 pekan ini di ATP Rankings dan dapat mengamankan tempatnya di 10 besar peringkat ATP pada Senin mendatang dengan mencapai semifinal.

Setelah berjanji untuk menyumbangkan 1.000 dolar AS per ace pekan ini untuk program bantuan badai di Acapulco, Tsitsipas mencetak lima ace dalam kemenangan babak pembukaannya dan menyelamatkan satu-satunya break point yang ia hadapi di akhir set pembuka.

"Saya melakukan servis dengan baik pada momen-momen krusial dan penting," ujar Tsitsipas.

"Saya tidak membiarkan dia masuk terlalu banyak. Saya terus menggerakkannya di sekitar lapangan dan melakukan pekerjaan saya dengan sangat baik dalam hal kedalaman bola dan penempatan posisi."

Break di pertengahan set di kedua set membuat pertandingan Tsitsipas, yang melaju ke semifinal 2022 dan final 2021 dalam dua penampilan sebelumnya di Acapulco, relatif lebih ringan.

Lawan Tsitsipas berikutnya adalah petenis kualifikasi asal Italia Flavio Cobolli, yang mengalahkan Felix Auger-Aliassime 2-6, 6-3, 6-2 di babak pertama.

Baca juga: Tsitsipas temukan performa terbaiknya di pembuka Australian Open
Baca juga: Tsitsipas puas dengan performanya menangi babak ketiga Australian Open


 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024