Jakarta (ANTARA) - Casper Ruud menundukkan Novak Djokovic untuk pertama kali sepanjang kariernya pada Sabtu, untuk menantang Stefanos Tsitsipas di pertandingan final Monte Carlo Masters yang akan dimainkan Minggu.

Petenis Norwegia itu memenangi laga semifinalnya melawan Djokovic dengan skor 6-4, 1-6, 6-4, demikian dikutip dari AFP.

Kemenangan Ruud sekaligus membuatnya memenangi laga ulangan final French Open 2023 setelah selalu menelan kekalahan dari petenis Serbia itu dalam lima pertemuan sebelumnya. Djokovic sendiri untuk saat ini gagal dalam misinya mencapai final untuk ke-59 kalinya di turnamen level Masters.

“Saya sangat gembira. Ini merupakan hari yang akan saya kenang untuk kurun waktu yang lama. Menaklukkan petenis peringkat satu dunia adalah sesuatu yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, dan mengalahkan Novak adalah sesuatu yang belum pernah saya lakukan sebelumnya,” kata Ruud seperti dikutip dari laman resmi ATP.

Pada set ketiga yang berlangsung dramatis, Ruud bangkit dari menyia-nyiakan break advantage setelah Djokovic menaikkan level konsistensi dan agresifitasnya untuk menyamakan kedudukan menjadi 4-4 setelah sempat tertinggal 1-4. Djokovic sempat terlihat akan melengkapi kebangkitannya setelah memenangi set kedua, tetapi ia gagal mengatasi permainan Ruud.

Ruud pun memastikan kemenangannya pada match point ketiganya setelah Djokovic melakukan double fault.

Baca juga: Tsitsipas taklukkan Sinner untuk mencapai final Monte Carlo Masters

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024