Jakarta (ANTARA) - Tiga unit kendaraan taktis ringan 4x4 buatan PT Pindad, Maung, ikut mengantarkan bakal pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari Taman Surapati menuju Kantor KPU RI di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu.

Pada bagian depan dan belakang kendaraan itu terdapat iring-iringan kirab budaya yang mendampingi Prabowo-Gibran menuju ke Kantor KPU RI.

Maung yang berada paling depan membawa Prabowo dan Gibran yang duduk di bangku tengah. Keduanya berdiri sambil menyapa para pendukung dan relawan yang memadati Taman Surapati.

Maung yang ditumpangi Prabowo-Gibran itu pun dihias janur kuning di sekeliling kendaraan.

Baca juga: Prabowo-Gibran terima nota deklarasi dukungan Koalisi Indonesia Maju

Kemudian, di kendaraan kedua, istri Gibran, Selvi Ananda, duduk di bagian depan, sementara para ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) berdiri di bagian tengah dan belakang.

Para ketua umum partai itu ialah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta.

Lalu, di kendaraan Maung ketiga, diisi oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rosan Perkasa Roeslani bersama sejumlah petinggi partai lain KIM.

Baca juga: Polisi terapkan tiga zona pengamanan pendaftaran Prabowo-Gibran di KPU

Bahlil dan Airlangga, selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, mengaku telah mengambil cuti di hari Rabu untuk mengantarkan Prabowo-Gibran mendaftar ke KPU RI.

KIM terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, Partai Garuda, Prima, dan PSI.

Rangkaian prosesi pendaftaran Prabowo-Gibran dimulai dari Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu pagi, untuk menuju Indonesia Arena di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, menemui para relawan.

Selepas itu, Prabowo-Gibran dan rombongan bergerak ke Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, untuk melanjutkan perjalanan ke Kantor KPU RI dengan diiringi oleh kirab budaya dari para pendukung dan relawan.

Baca juga: Gibran: Tugas kami melanjutkan dan menyempurnakan program berjalan

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023