Jakarta (ANTARA) - Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor KPU RI dan disambut ribuan pendukung yang memadati Jalan Imam Bonjol pada Rabu Siang.

Pasangan ini menggunakan mobil jip terbuka buatan Pindad dan melewati ruas jalan serta menyapa pendukung mereka. Rombongan ini sampai di Kantor KPU RI sekitar pukul 11.20 WIB.

Tampak mengiringi Prabowo-Gibran, ada rombongan ketua umum partai politik dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), antara lain Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkfili Hasan, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra

Sementara para pendukung mengenakan atribut masing-masing partai dan membawa bendera berukuran sedang dan besar. Relawan juga terdiri dari sejumlah organisasi masyarakat dan juga ada dari kalangan pencak silat.

Sejumlah tokoh parpol yang sudah lebih dahulu datang ke KPU RI dengan berjalan kaki seperti Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra Dedi Mulyadi, dan Ahamd Dhani serta tokoh lainnya

Sesuai jadwal yang diterima, sebelum bakal calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendaftarkan diri ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Rabu, bertemu terlebih dahulu di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, pada pukul 07:30 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 08:00 WIB, Menteri Pertahanan dan Wali Kota Surakarta ini bersama para ketua umum partai politik dari KIM berangkat menuju Hall Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK) untuk menyapa para relawan.

Rombongan Prabowo-Gibran, partai koalisi dan relawan kemudian berangkat menuju Taman Suropati pada pukul 09:00 WIB.

Kemudian 30 menit setelahnya, rombongan dijadwalkan bergerak menuju Kantor KPU RI diiringi parade atau kirab budaya. Tepat pada pukul 10:00 WIB, Prabowo-Gibran dijadwalkan masuk Kantor KPU RI untuk menyerahkan berkas pendaftaran.

Sekretaris Jenderal DPP Gerindra Ahmad Muzani saat jumpa pers Koalisi Indonesia Maju di Jakarta, Selasa (24/10), meminta maaf warga Jakarta jika rangkaian kegiatan pendaftaran Prabowo-Gibran mengganggu aktivitas.

"Kami mohon maaf jika kegiatan yang menyebabkan kemacetan panjang," kata dia.

Baca juga: Prabowo-Gibran tiba di Indonesia Arena hadiri deklarasi
Baca juga: Prabowo-Gibran terima nota deklarasi dukungan Koalisi Indonesia Maju


KPU RI telah menetapkan masa pendaftaran pasangan calon presiden/wakil presiden pada Pemilu 2024 mulai 19 hingga 25 Oktober 2023.

Tahap berikutnya, 13 November 2023, KPU menetapkan pasangan calon presiden/wakil presiden sebagai peserta Pemilu 2024. Keesokan harinya, 14 November 2023 KPU mengundi dan menetapkan nomor urut pasangan calon.

Masa kampanye dijadwalkan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sehari kemudian mulai masa tenang, 11 hingga 13 Februari 2024, lalu pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Maung antar Prabowo-Gibran ke KPU RI
Baca juga: Polisi terapkan tiga zona pengamanan pendaftaran Prabowo-Gibran di KPU

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023