"Media massa berkontribusi positif untuk menciptakan 'cooling system' di masyarakat, sistem untuk mendinginkan situasi,"
Semarang (ANTARA) - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol.Ahmad Luthfi meminta media massa menjadi bagian dari upaya mewujudkan suasana sejuk menjelang pemilu melalui pemberitaan yang positif.

"Media massa berkontribusi positif untuk menciptakan 'cooling system' di masyarakat, sistem untuk mendinginkan situasi," kata Luthfi saat deklarasi damai yang diikuti para jurnalis di Semarang, Rabu.

Menurut dia, polarisasi merupakan suatu hal yang mungkin tidak terhindarkan dalam pemilu.

"Oleh karena itu perlu sistem agar tidak terpecah belah," tambahnya.

Ia menjelaskan diksi yang disampaikan boleh berbeda-beda, namun namun harus didinginkan dengan pemberitaan yang positif.

"Jangan sampai timbul konflik di masyarakat," tambahnya.

Menurut dia, siapapun yang terpilih menjadi pemimpin maupun wakil rakyat dalam pemilu, persatuan dan kesatuan harus di atas segalanya.

Dalam kegiatan tersebut para jurnalis yang bertugas di wilayah Jawa Tengah membacakan deklarasi damai pemilu.

Dalam deklarasi, wartawan menyatakan siap menjaga pemilu yang damai dan kondusif untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

Wartawan juga siap memberikan informasi yang akurat, netral, dan objektif untuk menghindari berita bohong, tendensius, dan menyesatkan.
***2***

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023