"Anak-anak ku sekalian adalah pemilih pemula yang akan memberikan hak pilihnya pada pemilu nantinya. Saya berharap semua betul-betul menyalurkan hak pilihnya dan bisa memilih pemimpin untuk bangsa kita,"
Makassar (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menginisiasi deklarasi Pemilu Damai 2024 "Putih Abu Abu" bersama Generasi Z Forum Osis se-Sulsel.

"Anak-anak ku sekalian adalah pemilih pemula yang akan memberikan hak pilihnya pada pemilu nantinya. Saya berharap semua betul-betul menyalurkan hak pilihnya dan bisa memilih pemimpin untuk bangsa kita," ujarnya di Makassar, Senin.

Kapolda menilai kegiatan yang dilaksanakan dengan melibatkan Generasi Z sangat luar biasa karena melibatkan anak-anak peserta didik untuk sama-sama melakukan deklarasi pemilu damai untuk sama-sama sepakat mensukseskan Pemilu 2024.

Deklarasi yang digelar di ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, ratusan siswa dan siswi SMA/SMK/SLB se Sulsel berikrar bersama-sama mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luberjurdil).

Irjen Pol Andi Rian mengajak para pemilih pemula agar bersama-sama mewujudkan pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, politisasi, sara dan politik uang.

Menurut dia, kegiatan itu merupakan langkah positif dalam memantapkan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Sulsel melalui pelibatan seluruh elemen masyarakat.

“Termasuk di dalamnya anak-anak kita di bangku SLTA dalam rangka forum Osis sebagai pemilih pemula untuk mendeklarasikan Pemilu Damai 2024, yang aman dan nyaman di provinsi Sulsel,” terangnya.

Mantan Kapolda Kalsel itu mengatakan bahwa pihaknya akan bersinergi dengan TNI dan seluruh elemen lain untuk mengawal agar Pemilu di bumi Sulsel berjalan aman dan damai.

“Kita bertekad mengawal dan mengamankan tahapan pemilu, sehingga semuanya bisa berjalan aman, dan lancar,” katanya.

Sementara PJ Gubernur Sulsel Bachtiar Baharuddin mengapresiasi Kapolda Sulsel Irjen Andi Rian atas inisiasi deklarasi damai. Pasalnya deklarasi ini merupakan yang pertama di Indonesia dalam rangka Pemilu Damai 2024.

Kegiatan deklarasi pemilu damai iji juga dihadiri Pangdam XIV Hasanuddin diwakili Kasdam, Ketua DPRD Sulsel, Pangkoopsud II diwakili Danpom Koopsud II, Danlantamal VI, serta Danlanud Sultan Hasanuddin.

Kemudian Ketua KPU, Bawaslu, Danlanud, Kabinda, As Intel Kajati, Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara, Hakim Tinggi Pengadilan Agama, para Kepala Sekolah, serta sejumlah elemen masyarakat lainnya.

Adapun Kapolda Sulsel didampingi Dirintelkam Kombes Pol Hajat Mabrur, Dirreskrimum Kombes Pol Jamaludin Farty, Dirlantas Kombes Pol I Made Agus Prasatya, Kabid Propam Kombes Pol Zulham Efendi, dan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Ngajib.

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024