Hangzhou, China (ANTARA) - Atlet Para atletik Indonesia Jaenal Aripin mengatakan setelah Asian Para Games 2022, ia akan segera mengalihkan fokusnya untuk mengejar tiket menuju kualifikasi Paralimpiade 2024 Paris.

“Target ke depan masih mengejar poin Paralimpiade. Setelah ini akan ada kejuaraan di IWAS World Games di Thailand, mudah-mudahan saya bisa bermain di situ dan mendapat hasil baik untuk tiket Paralimpiade,” kata Jaenal saat ditemui di Huanglong Sports Centre Stadium, China, Rabu.

“Insya Allah untuk poin, saya masih mengumpulkan terus supaya bisa memenuhi target,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, atlet kelahiran 29 Februari 1988 itu mengatakan masih akan bertanding di beberapa nomor di Asian Para Games 2022 Hangzhou. “Mungkin nanti ada di nomor 400 (meter) dan estafet bisa dapat hasil maksimal,” kata dia.

Sementara itu, Jaenal berhasil menambah perolehan medali perunggu untuk Indonesia di nomor balap kursi roda (wheelchair race) 100 meter T54 putra.

“Alhamdulillah berjalan dengan lancar, meskipun kemarin dari babak penyisihan lumayan sangat berat tapi Alhamdulillah mendapat hasil maksimal,” kata Jaenal.

Adapun Jaenal menjadi sprinter tercepat ketiga dengan catatan waktu 14,47 detik dan sekaligus merupakan catatan terbaiknya dalam satu musim (season best).

Jaenal pun hanya terpaut 0,06 detik dari peraih medali perak sekaligus wakil tuan rumah Ying Zhang di kompetisi tersebut. Sementara medali emas diraih oleh pemegang rekor dunia, Asia, dan Asian Para Games Athiwat Paeng-Nuea dari Thailand dengan catatan waktu 13,66 detik.

Baca juga: Saptoyogo kembali raih emas dan pecahkan rekor Asian Para Games

“Kemarin waktu penyisihan, mungkin wakil China berada di belakang saya. Tapi tadi waktunya dia juga naik, jadi mungkin dia juga sudah mengantisipasi dengan baik,” kata Jaenal.

“Ya, Alhamdulillah semua berjalan lancar sesuai target. Ini rezekinya saya bisa dapat perunggu dan season best, meskipun tidak melampaui personal best saya,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Indonesia per Rabu (25/10) pukul 13.00 waktu China, berada di peringkat kesembilan klasemen sementara perolehan medali Asian Para Games 2022 Hangzhou.

Skuad Garuda sejauh ini telah mengoleksi lima emas, lima perak, dan sembilan perunggu.

Baca juga: Para atletik kembali tambah medali untuk Indonesia di APG Hangzhou
Baca juga: Rifky kembali sumbang medali para-renang di APG Hangzhou


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023