Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan pelaksanaan program Smart Fisheries Village (SFV) di Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas perikanan, serta menjadikan Panembangan sebagai percontohan desa perikanan pintar di Indonesia.

"Dengan potensi yang dimiliki, pemerintah pusat akan menggandeng pemerintah daerah serta keterlibatan masyarakat Panembangan, untuk meningkatkan skala ekonomi masyarakat desa melalui peningkatan produktivitas dan kualitasnya," ucap Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM KP) KKP I Nyoman Radiarta mengungkapkan, pelaksanaan program SFV di Panembangan sudah terbukti meningkatkan penghasilan masyarakat.

Pendapatan para pelaku utama usaha perikanan di desa tersebut meningkat dari sebelumnya Rp500 ribu per bulan menjadi Rp2,6 juta per bulan. Keberhasilan Desa Panembangan sebagai SFV selama ini pun tak lepas dari peran penting penyuluh perikanan sejak tahun 2022.

"Dengan pendampingan komprehensif dari para penyuluh perikanan, program SFV Panembangan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan lahan untuk kegiatan perikanan hingga menciptakan sumber pendapatan baru. Tentu tidak sampai di situ, pengembangan-pengembangan masih akan terus dilakukan," beber Nyoman.

Peningkatan penggunaan teknologi dalam budidaya perikanan dan peningkatan pengetahuan tentang usaha perikanan juga membawa dampak positif bagi masyarakat pelaku utama sektor perikanan di Desa Panembangan.

Selain itu, Desa Panembangan memiliki komoditas utama mina padi dengan potensi lahan seluas 100 hektar, serta kolam budidaya 20 hektar, dengan struktur tanah subur dan air yang melimpah sepanjang tahun ini memiliki komoditas budi daya di berupa ikan hias.

Selain itu, desa ini juga telah berkembang menjadi destinasi wisata edukasi perikanan, dengan menyediakan pendidikan informal bagi pengunjung yang ingin memahami lebih dalam tentang dunia perikanan.

Sementara itu, PJ Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, menyampaikan dukungannya untuk mengembangkan SFV Desa Panembangan. Dikatakan Hanung, kegiatan perikanan di Desa Panembangan sudah sangat berkembang pesat dari hulu ke hilir. Baik dari pembuatan pakan, kegiatan budidaya, pengolahan, hingga pemasaran.

"Tentu kami akan mendukung harapan Pak Menteri, karena saya melihat Desa Panembangan sudah semakin maju. Kami juga punya cita-cita yang sama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Panembangan,” tutur Hanung.

Baca juga: KKP kembangkan desa perikanan cerdas melalui intervensi teknologi
Baca juga: KKP: Program SFV berhasil tingkatkan realisasi PNBP layanan perikanan
Baca juga: KKP kembangkan Desa Sumberdodol Magetan sebagai desa perikanan cerdas

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023