Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) terus melakukan distribusi air bersih ke berbagai daerah di Indonesia yang mengalami kekeringan terdampak musim kemarau.

"Layanan bantuan distribusi air bersih terus kami lakukan secara masif khususnya ke berbagai daerah di Indonesia. Dalam melaksanakan kegiatan ini kami juga didukung oleh IFRC," kata Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Ridwan S Carman, di Sukabumi, Rabu.

Baca juga: PMI Sukabumi berkolaborasi dengan perusahaan salurkan air bersih

Menurut Ridwan, sesuai arahan dari Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla , pihaknya saat ini terus mengintensifkan pelayanan distribusi air bersih di seluruh wilayah kekeringan terdampak kemarau.

"Untuk mendukung operasi penanggulangan bencana kekeringan dan krisis air bersih di berbagai daerah di Indonesia, PMI Pusat menyalurkan 150 unit truk tangki air bersih yang disebar ke PMI kabupaten/ kota di Indonesia," katanya.

Baca juga: PMI Sukabumi terus distribusikan air bersih ke daerah kekeringan

Bahkan hingga saat ini, PMI sudah mendistribusikan lebih dari 48 juta liter air bersih dan telah menjangkau sebanyak 2,9 juta jiwa yang terdampak krisis air bersih. PMI yang mendapat dukungan dari IFRC berkomitmen untuk membantu pemerintah menanggulangi krisis air bersih melalui operasi pelayanan air bersih.

Untuk memastikan daerah-daerah yang mengalami kesulitan air bersih, pihaknya secara rutin menggelar rapat koordinasi dengan jajaran PMI provinsi dan kabupaten/kota untuk mengevaluasi dan menyusun rencana aksi operasi dalam menanggulangi kekeringan agar lebih efektif dan tepat sasaran.

Baca juga: PMI buka hotline untuk warga Sukabumi yang butuh layanan air bersih

Selain itu, pada operasi pelayanan distribusi air bersih ini, pihaknya juga membuka layanan saluran telepon bagi masyarakat yang ingin mengetahui operasi siaga kekeringan hingga pendistribusian air bersih.

"Layanan telepon ini berfungsi untuk informasi, serta mencatat dan menampung saluran umpan balik di masyarakat, baik yang memberikan masukan, keluhan maupun berbagai pertanyaan terkait pelayanan PMI saat ini," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023