Hanoi (ANTARA) - Nilai ekspor durian Vietnam mencapai 1,63 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.871) dalam sembilan bulan pertama 2023, menjadikan durian sebagai pendulang devisa terbesar di industri buah dan sayuran Vietnam, demikian dilaporkan Vietnam News Agency (VNA) pada Rabu (25/10).

Angka yang dikutip dalam laporan tersebut 14 kali lebih tinggi dari angka pada periode yang sama tahun lalu, menurut Departemen Umum Bea Cukai Vietnam, lapor Xinhua pada Kamis.

Durian mengungguli nangka, buah naga, semangka, pisang, dan leci untuk menempati posisi terdepan, menyumbang 38,7 persen dari total nilai ekspor industri tersebut.

China saat ini merupakan pasar ekspor utama durian Vietnam. Vietnam memiliki 422 lahan perkebunan dan 153 fasilitas pengemasan yang memenuhi syarat untuk ekspor buah durian ke China.

Menurut Departemen Umum Bea Cukai Vietnam, ekspor buah dan sayuran Vietnam dalam sembilan bulan pertama tahun ini mencapai 4,21 miliar dolar AS, meningkat 72,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023