Kami di Kementerian Keuangan terus-menerus ingin mengedukasi, menyosialisasi, menyampaikan dalam berbagai forum, dalam berbagai segmen masyarakat mengenai keuangan negara mengenai anggaran pendapatan dan belanja negara....
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meningkatkan pemahaman generasi muda tentang anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk membangun bangsa melalui penyelenggaraan Lomba Debat APBN 2023.

"Kami di Kementerian Keuangan terus-menerus ingin mengedukasi, menyosialisasi, menyampaikan dalam berbagai forum, dalam berbagai segmen masyarakat mengenai keuangan negara mengenai anggaran pendapatan dan belanja negara. Khusus untuk hari ini adalah Lomba Debat APBN 2023," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Kamis.

Dalam acara Final Lomba Debat APBN 2023 yang diikuti virtual itu, tim dari Universitas Indonesia menjadi juara pertama kompetisi debat tersebut. Selanjutnya, tim dari Politeknik Keuangan Negara STAN meraih juara kedua, dan tim dari Universitas Airlangga memperoleh juara ketiga.

Baca juga: Menkeu: Realisasi APBN surplus Rp67,7 triliun hingga September 2023

Menkeu Sri Mulyani menuturkan Lomba Debat APBN 2023 memberikan ruang bagi generasi muda yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk semakin memahami APBN dan pengelolaannya.

"Ternyata banyak isi dari Undang-undang APBN yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak, banyak kebijakan-kebijakan yang masih perlu untuk terus didebatkan dan itu sehat karena tidak ada yang benar atau salah," tuturnya.

Ia mengapresiasi 174 tim dari 91 perguruan tinggi yang telah menunjukkan minat serius dalam menekuni APBN dengan berkompetisi di dalam lomba debat tersebut.

Baca juga: Menkeu waspadai tantangan global kendati APBN dalam posisi baik

Dengan pengalaman mengikuti lomba debat dan mendalami APBN, para mahasiswa diharapkan dapat berbagi ilmu dan pengalaman serta aktif menyosialisasikan APBN di dalam keseharian dan kepada semua orang sehingga semakin banyak orang paham tentang APBN.

Melalui lomba tersebut, diharapkan semakin banyak mahasiswa di Indonesia mau mendalami dan belajar tentang keuangan negara dan ikut di dalam perdebatan publik dan menjaga prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara yang baik karena pandangan, suara, dan pendirian mereka menggambarkan karakter pendirian dan posisi Republik Indonesia.

"Kalau kalian memiliki pengetahuan, memiliki pemahaman, memiliki suatu sikap berdasarkan fakta, data dan selalu terbuka pikirannya, terbuka dalam melihat suatu masalah, maka saya akan sangat-sangat yakin Indonesia akan terus maju," tuturnya.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023