Hangzhou (ANTARA) - Tim para bulu tangkis Indonesia berpeluang besar untuk menambah perolehan medali Indonesia pada ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou.

Hal itu menyusul lima wakil Indonesia yang berhasil melenggang ke babak final, yaitu di kelas tunggal putra SU5, ganda putra SL3-SL4, ganda putra SU5, tunggal putri SH6 dan ganda putri SL3-SU5.

Kelimanya telah melewati partai semifinal yang digelar di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Kamis.

Di semifinal kelas tunggal putra SU5, pebulu tangkis Dheva Anrimusthi menang atas kompatriot Suryo Nugroho, melalui dua gim langsung, 21-11, 21-19.

Dheva mengatakan segera mempersiapkan diri menuju babak pamungkas yang digelar pada Jumat (27/10) melawan wakil Malaysia, Liek Hou Cheah.

"Nothing to lose saja, saya kasih yang terbaik saja buat Indonesia, apa pun yang terjadi pokoknya saya maksimalkan di pertandingan besok, intinya sekarang saya prepare buat final besok," kata Dheva.

Selain itu, Dheva juga berhasil melaju di nomor ganda putra SU5 bersama Hafizh Briliansyah. Keduanya mengalahkan pasangan Malaysia, Liek Hou Cheah/Mohammad Fareez, dalam drama rubber game 19-21, 21-15, dan 21-12.

Di final nanti, Dheva/Hafizh akan melawan pasangan India, Chirag Baretha/Raj Kumar.

Di sisi lain, Rina Marlina yang turun di nomor tunggal putri kelas SH6 juga melaju ke final setelah menyingkirkan wakil India, Sumathy Sivan Nithya, dalam straight game 21-15 dan 21-13. Di partai puncak, Rina akan menghadapi wakil tuan rumah, Li Fengmei.

Lebih lanjut, pasangan ganda putra SL3-SL4 Dwiyoko/Fredy Setiawan juga sukses memenangi duel tiga gim kontra wakil India, Pramod Bhagat/Sukant Kadam, dengan skor 20-22, 23-21, dan 21-12. Setelah ini, Dwiyoko/Fredy akan melawan ganda India lainnya, Nitesh Kumar/Tarun, pada babak final.

Wakil Indonesia lainnya yang memastikan tiket menuju final dalam pertandingan hari ini adalah Khalimatus Sadiyah/Leani Ratri di nomor ganda putri SL3-SU5.

Keduanya menampilkan perjuangan melawan wakil tuan rumah, Xiao Zuxian/Yang Qiuxia, dalam pertarungan tiga gim dengan skor 18-21, 21-14, dan 21-17.

Selanjutnya Khalim/Ratri akan melawan Girishchandra Joshi Manasi/Thilasimathi Murugasen dari India.

Baca juga: NPC: Tim para bulu tangkis Indonesia siap rebut empat emas APG

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023