Hangzhou, China (ANTARA) - Tunggal putri Indonesia Leani Ratri Oktila membawa pulang medali perak setelah kalah dari wakil tuan rumah Cheng Hefang dalam babak final Para bulu tangkis nomor tunggal putri SL4 Asian Para Games 2022 Hangzhou, Kamis.

Leani harus menelan kekalahan dari Cheng usai melewati rubber game dengan skor 21-17, 13-21, 12-21.

Pada laga yang berlangsung di Binjiang Stadium itu, Leani dan Cheng sama-sama berusaha tampil mendominasi satu sama lain. Keduanya sempat memiliki beberapa skor identik, hingga akhirnya Cheng berhasil mengamankan interval gim pertama.

Selepas itu, Leani mencoba mengejar ketertinggalan dengan melancarkan serangan-serangan, hingga akhirnya ia menyamakan kedudukan 14-14, dan unggul tipis 15-14 atas sang pebulu tangkis China.

Leani kemudian berupaya untuk tampil lebih tenang namun cerdik dalam menempatkan bola, sehingga membuat Cheng harus mengantisipasi lebih baik. Leani terus unggul sementara 17-15 dan meraih matchpoint 20-16.

Wakil Indonesia semakin percaya diri hingga akhirnya gim pertama dimenangkan Leani dengan skor 21-17.

Pada gim kedua, persaingan ketat kembali ditunjukkan oleh kedua pebulu tangkis. Jalannya pertandingan kurang lebih sama dengan gim pertama, baik Leani maupun Cheng saling berkejaran poin hingga beberapa kali papan skor menunjukkan angka yang sama.

Cheng terlihat sedikit lebih tenang dan mantap dalam melancarkan bola-bolanya. Ia bahkan sempat unggul cukup jauh 8-4 atas Leani. Pada akhirnya, interval pertama direbut oleh Cheng dengan skor 11-6.

Baca juga: Para bulu tangkis berpeluang besar tambah medali untuk Indonesia

Selepas interval gim kedua, Leani berupaya untuk tak kehilangan fokus dan mengejar ketertinggalannya. Namun, beberapa kali upaya Leani malah tidak berbuah manis dengan beberapa bolanya keluar dari garis lapangan, sehingga Cheng makin unggul 18-12 atas Leani.

Matchpoint gim kedua pun direbut oleh Cheng 20-12, dan ia memenangkan pertandingan kedua dengan skor 21-13, dan memaksa terjadinya rubber game.

Pada gim pamungkas, Leani berhasil meraih dua poin pertama dan memimpin ritme permainan. Lawan masih berusaha untuk mengejar hingga skor identik kembali terjadi 6-6, dan interval gim ketiga diraih oleh Cheng 11-9.

Leani lalu mencoba mengganti strategi dan membuahkan satu poin selepas interval. Tapi, beberapa bola yang ia tempatkan malah keluar dan menambah poin untuk lawan.

Akhirnya, perlawanan Leani pun terhenti dengan kemenangan Cheng 21-12.

Baca juga: Semangat pantang menyerah antarkan Sri raih medali emas
Baca juga: Siti Mahmudah rebut perunggu para powerlifting di APG Hangzhou


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023