PLN siap bahu membahu dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan percepatan transisi energi menuju 'Net Zero Emission' pada 2060
Padang (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat mendukung pemerintah daerah mewujudkan ketahanan energi di antaranya dengan pengembangan pembangkit dengan Energi Baru Terbarukan (EBT).

"PLN siap bahu membahu dengan pemerintah daerah untuk mewujudkan percepatan transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) pada 2060," kata General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho di Padang, Kamis.

Ia mengatakan itu terkait prestasi Sumbar yang meraih peringkat tiga provinsi paling inovatif dalam pengembangan EBT tingkat nasional tahun 2023 dari Dewan Energi Nasional (DEN) RI.

Eric optimistis dengan sinergi dan kolaborasi yang harmonis antara pemerintah, pihak terkait dan PLN Sumbar, akan sukses merealisasikan NZE 2060.

Ia menyebutkan pasokan energi listrik di Sumbar saat ini dipasok dari pembangkit-pembangkit PLN dengan daya mampu sebesar 787,45 MW dan beban puncak 642 MW. Masih ada cadangan daya pembangkit sebesar kira-kira 145,45 MW atau 22,66 persen.

‘’Pasokan daya yang cukup besar ini dapat digunakan untuk mendukung pembangunan atau pengembangan EBT di Sumatera Barat. Demi peningkatan pasokan listrik bersumber EBT dari Sumbar,’’ katanya.

Baca juga: PLN Sumbar tambah dua SPKLU untuk dukung kendaraan ramah lingkungan

Baca juga: PLN: Dua PLTS di Sumbar siap beroperasi menggantikan energi fosil


Total pasokan 787,45 MW tersebut, kata Eric, mayoritas bersumber dari pembangkit EBT, yaitu sebesar 50,26 persen dari total seluruh pasokan.

Pembangkit energi hijau di Sumatera Barat terdiri atas Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP), Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMh), Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg).

‘’PLN memproduksi energi hijau atau EBT sebesar 399,77 MW setiap bulannya dari total 16 pembangkit EBT. PLTA memproduksi listrik EBT terbesar yaitu hingga 252, 91 MW. Pasokan ini dapat terus bertambah seiring dengan rencana pembangunan pemerintah,’’ katanya.

Sebelumnya Provinsi Sumatera Barat meraih peringkat tiga provinsi paling inovatif dalam pengembangan EBT tingkat nasional tahun 2023.

Predikat kategori ini diberikan oleh DEN RI dalam kegiatan Energy Transition Conference & Exhibition (ETCE) 2023 di Assembly Birawa, Hotel Bidakara Jakarta beberapa hari lalu.

Baca juga: PLN: Lima SPKLU siap layani pengguna kendaraan listrik di Sumbar

Baca juga: Kementerian BUMN: EBT PLN UID Sumbar salah satu yang terbaik di RI

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023