PLN siap memberikan layanan kelistrikan yang andal dan prima selama libur Lebaran
Padang (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan layanan listrik andal bagi masyarakat dalam menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah.

"PLN siap memberikan layanan kelistrikan yang andal dan prima selama libur Lebaran," kata General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho di Padang, Jumat.

Eric mengatakan layanan andal dan prima tersebut telah disiapkan PLN sejak beberapa bulan terakhir. Untuk wilayah Sumbar PLN mendata kebutuhan listrik 739,4 Mega Watt (MW) dengan beban puncak atau pemakaian maksimal rata-rata tertinggi mencapai 617,2 MW.

"Artinya masih tersedia pasokan daya sebesar 122,2 MW atau 14,3 persen dengan cadangan daya sebesar ini," ujar Eric.

PLN optimistis dapat memberikan listrik berkualitas terbaik kepada 1,6 juta pelanggan PLN di wilayah Sumbar. PLN juga siap untuk menangani tambahan pemakaian listrik dalam jumlah besar selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 Hijriah.

Senada dengan itu, Senior Manager Perencanaan PLN UID Sumbar Faisal Risa menyebutkan telah menyiagakan 1.359 personel PLN yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota. Para petugas akan bersiaga 24 jam selama masa siaga Idul Fitri atau terhitung 3 hingga 19 April 2023.

"Petugas ini terdiri dari 466 personel PLN dan 893 personel tenaga alih daya dan mitra kerja serta tiga tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan," ujar dia.

Tidak hanya itu, PLN UID Sumbar juga menyiagakan peralatan pendukung seperti dua Unit Cubicle Kabel Bergerak (UCKB), 55 Unit Gardu Bergerak (UGB), 58 unit genset, 306 unit kendaraan pendukung hingga lima Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Baca juga: PLN UID Sumbar berikan listrik gratis bagi 296 warga sepanjang Januari
Baca juga: Gubernur Sumbar apresiasi PLN atasi kendala listrik di semua TPS

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024