Saat ini Perhutani adaptif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi. Kami mengembangkan proses bisnis dan manajemen ke arah yang lebih modern....
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Kehutanan Negara (Perum Perhutani) sukses melakukan transformasi digital dalam kurun empat tahun terakhir sejak kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Utama Perhutani Wahyu Kuncoro mengatakan, transformasi digital Perhutani merupakan suatu keniscayaan dalam menghadapi perkembangan dunia. Menurutnya, Menteri BUMN memberikan dorongan yang diperlukan Perhutani untuk berkembang.

"Saat ini Perhutani adaptif terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi. Kami mengembangkan proses bisnis dan manajemen ke arah yang lebih modern dan menjadi Perhutani baru," ujar Wahyu melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Indonesia-Singapura bahas enam isu transformasi digital

Perhutani telah menerapkan value chain digitalisasi untuk mengintegrasikan sumber daya manusia, bisnis proses, mesin, sumber daya hutan dan industri hasil hutan.

Transformasi Perhutani di bidang digital berfokus kepada penguatan customer experience dengan implementasi Customer Relationship Management (CRM), pemetaan dan pengamanan sumberdaya hutan, pengembangan sistem informasi, back office dan shared service, serta pengapdosian teknologi terkini untuk menunjang operasional di sektor kehutanan.

Pada 2020, Perhutani mulai memasuki babak baru dengan melahirkan inisiatif strategis pengembangan UnionWisata, Electronic Office (e-office), Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) seperti Financial & Cost Controlling (FICO) dan Human Capital Management System (HCMS), E-Learning, dan pengaplikasian barcode pada Produk Kayu.

Pada tahun selanjutnya, Perhutani meningkatkan pelayanan pada e-commerce www.tokoperhutani.com dan aplikasi android untuk memberi kemudahan pembelian produk kayu dan non kayu. Perhutani juga mengimplementasikan pemetaan wilayah dengan teknologi Geospatial dan pemantauan proses kerja melalui Perhutani Digital Forest (Control Room) yang dilengkapi dengan sistem pelaporan kejadian (Incident Management).

Perhutani melanjutkan transformasi digitalnya di 2022, melalui pengembangan pada platform Ecotourism and Hospitality dengan mulai mengembangkan teknologi body gate dan barrier gate yang terintegrasi dengan sistem e-ticketing wisata Perhutani, pembangunan Perhutani Digital Forest (Control Room) di tingkat Divisi Regional serta implementasi ERP terintegrasi dan platform keamanan digital hingga mengembangkan Perhutani Virtual Forest dan penjualan produk NFT pada metaverse.

Baca juga: PHR terapkan transformasi digital dukung target produksi migas

Pada 2023, Perhutani menambah gebrakannya pada transformasi digital melalui Peluncuran Aplikasi Kemitraan Socioforest yang juga masuk dalam Proyek Strategis Kementerian BUMN tahun 2023.

Socioforest bertujuan sebagai upaya perbaikan ekosistem kerja sama pengelolaan hutan dari sinergi bisnis, yang lebih transparan bersama masyarakat berbasis mobile app.

 Perhutani melakukan modernisasi Tempat Penimbunan Kayu (TPK), Peluncuran sistem e-learning Cognition Expertise Database System (CERDAS) dan Perhutani Mengajar (Pijar), serta kick off sistem Smart KPH.

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023