Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Kamis (26/10), mulai dari bakal capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto hingga Kementerian Komunikasi dan Informatika mengantisipasi ancaman bot di Pemilu 2024.

Berikut rangkuman berita politik kemarin yang menarik untuk Anda simak.

1. Prabowo-Gibran jalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto

Bakal pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon peserta Pilpres 2024 itu sejak Kamis pagi, pukul 07.00 WIB.

Selengkapnya di sini.

2. KPU umumkan hasil tes kesehatan seluruh bakal capres-cawapres Jumat

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan dari tiga bakal pasangan capres dan cawapres yang telah mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024 akan diumumkan ke publik pada Jumat (27/10).

"Rangkaian pemeriksaan yang telah dilakukan terhadap tiga bakal pasangan calon, rencananya, hari Jumat besok, tanggal 27 Oktober 2023, sekitar jam 14.00, akan disampaikan oleh tim pemeriksa kesehatan RSPAD Gatot Soebroto kepada KPU yang akan dilakukan di Kantor KPU," kata Hasyim di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini.

3. Kominfo antisipasi ancaman bot di Pemilu 2024

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengantisipasi program robot yang berpotensi menjadi ancaman selama penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Bot adalah aplikasi perangkat lunak otomatis yang melakukan tugas berulang melalui jaringan. Bot dapat berjalan setiap waktu tanpa harus menunggu dioperasikan secara manual oleh manusia.

"Ada satu platform (bot) yang bisa menyebarkan informasi ke satu juta orang dalam sekali klik. Kami sudah bicara terhadap platform tersebut untuk jangan luncurkan aplikasi yang itu, tahan dulu, nanti setelah pemilu kami diskusi lagi," kata Usman Kansong usai diskusi kelompok terpumpun (FGD) dengan tema "Peran Media Pemerintah dalam Menyukseskan Pemilu Damai 2024" di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini.

4. Indikator: Prabowo-Gibran ungguli Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin

Hasil survei Indikator Politik Indonesia bahwa pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli dua pasangan bakal capres-cawapres lainnya.

“Dalam simulasi ini, Prabowo-Gibran didukung oleh 36,1 persen, sementara Ganjar-Mahfud 33,7 persen, dan Anies-Muhaimin 23,7 persen,” kata Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan diterima di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini.

5. Ahmad Muzani: Susunan TKN Prabowo-Gibran akan diumumkan pekan ini

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menginformasikan bahwa susunan Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan diumumkan pekan ini.

"Pasca (pemeriksaan) kesehatan ini tentu saja kita akan menyempurnakan struktur tim pemenangan yang diketuai oleh Pak Rosan (Roeslani) dan Insya Allah dalam minggu ini kita akan umumkan secara detail kepada masyarakat tentang susunan tim pemenangan yang akan menanggung jawab pemenangan pasangan Prabowo-Gibran," ujar Muzani saat ditemui di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023