Beijing (ANTARA) - Pesawat antariksa berawak Shenzhou-17 China berhasil melakukan penambatan (docking) dengan kombinasi stasiun luar angkasa pada Kamis (26/10), menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA).

Pesawat luar angkasa itu melakukan pertemuan (rendezvous) dan penambatan secara cepat dan otomatis dengan port depan modul inti stasiun luar angkasa, Tianhe, pada Kamis pukul 17.46 Waktu Beijing atau pukul 16.46 WIB. Seluruh proses tersebut memakan waktu sekitar 6,5 jam, papar CMSA.

Trio astronaut yang menaiki pesawat luar angkasa itu kemudian akan memasuki modul Tianhe dan tiga astronaut dari misi Shenzhou-16 telah bersiap untuk menyambut kedatangan mereka, kata CMSA.

Pesawat luar angkasa itu, yang dibawa dengan roket pengangkut Long March-2F, lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut pada Kamis pukul 11.14 Waktu Beijing atau 10.14 WIB.
 
Foto tangkapan layar di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center) yang diabadikan pada 26 Oktober 2023 ini menunjukkan pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-17 melakukan penambatan (docking) dengan port depan modul inti stasiun luar angkasa, Tianhe. (Xinhua/Jin Liwang)

 
 
Suasana di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center) yang diabadikan pada 26 Oktober 2023 saat sejumlah astronaut misi Shenzhou-16 bersiap untuk bergabung dengan kru Shenzhou-17. (Xinhua/Jin Liwang)

 
Foto tangkapan layar di Pusat Kendali Antariksa Beijing (Beijing Aerospace Control Center) yang diabadikan pada 26 Oktober 2023 ini menunjukkan sejumlah astronaut misi Shenzhou-16 bersiap untuk bergabung dengan kru Shenzhou-17. (Xinhua/Jin Liwang)

 



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023