Dukungan penonton dan keluarga sangat berpengaruh besar buat saya
Jakarta (ANTARA News) - Tunggal putri Indonesia Belaetrix Manuputi berhasil lolos ke putaran kedua setelah menaklukkan unggulan keenam Sung Ji Hyun pada kejuaraan bulu tangkis Djarum Indonesia Terbuka 2013, Selasa.

Pada turnamen yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, dukungan penonton membahana meneriakkan nama pemain peringkat 35 dunia itu. Dukungan tersebut ternyata menjadi motivasi sendiri bagi Bela.

Maka, setelah sempat tertinggal satu game, Bela memperpanjang nafasnya di game kedua dan akhirnya memenangi pertandingan lewat perjuangan keras di game ketiga. Bela membungkam pemain asal Korea Selatan itu dengan skor 16-21, 21-16, 21-19.

"Dukungan penonton dan keluarga sangat berpengaruh besar buat saya," kata Bela usai pertandingan.

Pada pertemuan pertama keduanya, Bela mengaku mempelajari terlebih dahulu pola permainan lawannya yang memegang peringkat enam dunia itu. Ia pun tertinggal di game pertama. Pada game kedua, ia membalikkan keadaan. Ia memainkan pola permainan yang ulet, dengan membiarkan lawan mengumpan sementara dia bertahan lalu baru balik menyerang.

Pada game ketiga, Sung Ji Hyun bangkit kembali sehingga Bela sempat tertinggal jauh dengan skor 5-11. Meskipun begitu, perlahan tapi pasti Bela kembali mengejar dan akhirnya berhasil menghentikan langkah Sung Ji Hyun.

Langkah Bela, gagal diikuti rekannya Adrianti Firdasari yang langsung terlempar dari turnamen berhadiah total 700 ribu dolar AS itu. Firda, begitu ia akrab disapa kalah 13-21, 8-21 dari pemain Spanyol Carolina Marin.

Kejutan lain datang dari pemain unggulan ketiga asal China Wang Yihan yang harus rela ditundukkan pemain non unggulan asal Hong Kong, Yip Pui Yin.

Wang Yihan hanya tampil cemerlang di game pertama. Pada game kedua, ia sudah dibuat kerepotan oleh pemain peringkat 25 dunia itu. Lewat pertarungan yang alot, ia harus menyerah 19-21. Pada game ketiga, Wang kembali harus berjuang keras dengan saling balap membalap skor dan akhirnya berakhir dengan kelahan lewat skor 18-21.

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013