dalam rangka membangun peluang kerja sama kebutuhan semen untuk pembangunan infrastruktur di Gondar City
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Gondar City Provinsi Amhara, Ethiopia ingin menjalin kerja sama dengan PT Semen Padang yang merupakan perusahaan di bawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam hal impor semen dari perusahaan tersebut.

"Kedatangan kami tidak hanya untuk melihat situs bersejarah pabrik Indarung I, namun juga dalam rangka membangun peluang kerja sama kebutuhan semen untuk pembangunan infrastruktur di Gondar City," kata Wali Kota Gondar City, Bayuh Abuhay Kibret di Padang, Sumatera Barat, Jumat.

Abuhay Kibret mengatakan selama ini Gondar City membeli langsung semen dari luar negeri. Oleh karena itu, melalui kunjungan ke PT Semen Padang, ia berharap dapat menjalin kerja sama lewat proposal impor semen yang ditawarkan Pemerintah Gondar City.

"Kami harap perusahaan ini (PT Semen Padang) menyukai peluang kerja sama yang kami tawarkan. Jika perusahaan siap, tentunya kami senang sekali," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Departemen SDM dan Umum PT Semen Padang R Trisandi Hendrawan mengatakan kunjungan delegasi Gondar City ini merupakan momen yang bersejarah bagi perusahaan yang berdiri sejak 18 Maret 1810 tersebut.

"Ini kesempatan bagi kami untuk berbagi ilmu, pengalaman dan keahlian di bidang industri semen kepada Anda semua," kata dia.

Baca juga: SIG raih penghargaan inovasi pengelolaan lingkungan

Baca juga: Semen Padang kampanyekan energi hijau untuk pembangunan berkelanjutan


Terkait kerja sama yang ditawarkan, perusahaan semen tertua di Indonesia dan Asia Tenggara itu menyambut baik keinginan impor semen dari Kota Gondar City, Ethiopia itu.

Dalam waktu dekat PT Semen Padang segera menindaklanjuti tawaran kerja sama yang disampaikan Wali Kota Gondar City. Sebab, hal itu merupakan peluang bisnis yang positif di tengah ketatnya persaingan industri semen di Indonesia.

Senada dengan itu, Kepala Bagian Kerja Sama Sekretariat Kota Padang Erwin M mengatakan kedatangan Wali Kota Gondar City ke Padang dalam rangka menjajaki kerja sama kota kembar dengan pemerintah setempat.

Terkait kunjungannya ke PT Semen Padang, Erwin menyampaikan hal tersebut berkaitan dengan Gondar City sebagai kota tua yang pernah menjadi ibu kota negara Ethiopia sekitar 250 tahun lalu.

"Gondar City adalah sebuah lokasi yang namanya kastil (Castles) dan telah ditetapkan menjadi world heritage sejak 1978. Mereka tertarik datang ke sini karena pabrik Indarung I juga dalam proses pendaftaran menuju world heritage," jelasnya.

Baca juga: PUPR-Semen Padang serahkan bantuan 100 sak semen kepada warga Batam

Baca juga: Semen Padang gunakan bahan bakar alternatif melalui energi terbarukan


Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023