Shenzhen, China, (ANTARA/PRNewswire)- Pada Agustus 2022, mahasiswa Mabalacat City College (selanjutnya disingkat "MCC") di Filipina mengikuti perkuliahan dengan metode hybrid learning. Berbeda dari sebelumnya, konten perkuliahan kini tersaji dengan jelas pada layar pintar, dan dosen yang berada di ruang kelas mudah berkomunikasi dan berinteraksi dengan mahasiswa daring selama kuliah berlangsung. Setiap orang pun terlibat dalam diskusi menarik dan menikmati metode smart teaching. Sebagai universitas negeri di Filipina yang terus membuat inovasi dalam metode belajar, MCC dan Huawei membangun smart classroom yang menyediakan layanan perkuliahan bermutu tinggi bagi dosen dan mahasiswa. Fasilitas ini juga mempercepat informatisasi di MCC, serta menjadi model baru dalam pendidikan pintar di Mabalacat.

Mempercepat Transformasi Digital dan Memutakhirkan Pendidikan pada Era Pascapandemi

Berdiri pada 2008, MCC adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi di Mabalacat, kota penting yang terletak di Central Luzon, Filipina. MCC memiliki empat institut dengan sekitar 4.000 mahasiswa. Merespons dampak Covid-19 pada dunia pendidikan yang berlangsung selama beberapa tahun terakhir, MCC memanfaatkan peluang dari revolusi teknologi dan transformasi industri. Dengan memutakhirkan fasilitas jaringan dan peralatan mengajar, MCC memperkuat pengembangan smart classroom, serta melampaui batasan ruang dan waktu guna menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Langkah ini membantu dosen dan mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan belajar dan mengajar kapan saja, di mana saja.

Pada awal 2020, MCC menjalankan inisiatif optimalisasi jaringan kampus dan menggunakan sistem videoconferencing demi memfasilitasi pembelajaran daring, serta menjamin layanan pendidikan yang bebas gangguan. Pada era pascapandemi, tren global beralih menuju metode pembelajaran hybrid yang menggabungkan sarana "daring + luring" (online + offline). Hasilnya, dosen dan mahasiswa semakin bergantung pada jaringan bermutu tinggi dan fasilitas terminal canggih. Maka, infrastruktur kampus harus memenuhi beragam kebutuhan hybrid classroom. Sejalan dengan tren transformasi metode belajar-mengajar di institut dan universitas, MCC ingin memanfaatkan TIK guna mendukung pengembangan smart classroom dan meningkatkan kualitas pendidikan digital.

Membangun Smart Classroom yang Fleksibel dan Interaktif dengan  Huawei IdeaHub

MCC University memilih solusi smart classroom yang berorientasi pada Huawei IdeaHub untuk memutakhirkan fasilitas TIK. Solusi inovatif ini melampaui batasan ruang fisik, mengatasi kendala ruang dan waktu, serta mewujudkan metode hybrid learning yang lebih cerdas dan efisien.

Huawei IdeaHub adalah komponen penting dalam smart classroom, mengintegrasikan aplikasi inovatif seperti interactive electronic whiteboard, alat proyektor yang mudah digunakan, serta platform videoconferencing definisi tinggi. Solusi ini juga berfungsi sebagai portal yang menutup kesenjangan antara mahasiswa daring dan ruang kelas luring. Integrasi ekosistem perangkat keras dan lunak untuk mengajar turut mempermudah kolaborasi, interaksi, serta partisipasi dalam metode hybrid learning. Dengan diskusi tatap muka yang imersif dan kolaborasi real-time, dosen dan mahasiswa dapat menciptakan suasana perkuliahan interaktif yang menambah fokus dan motivasi belajar.



Salah satu mahasiswa Sarjana Ilmu Pendidikan dengan Peminatan Bahasa Inggris, berbagi tentang pengalamannya menggunakan smart classroom: "Huawei IdeaHub meningkatkan pengalaman belajar hybrid, menjadikannya lebih interaktif. Dengan electronic whiteboard, dosen dapat menulis secara lebih efektif. Di saat bersamaan, kami, sebagai mahasiswa, dapat memindai kode untuk mempelajari materi kuliah setelah kelas berakhir. Lebih lagi, platform videoconferencing HD menciptakan ruang kelas jarak jauh yang interaktif, didukung teknologi pintar dan moda panoramic. Dengan demikian, mahasiswa daring dapat melihat dan mendengar seluruh perkuliahan secara jelas dan real-time."

Menurut seorang staf administrasi kemahasiswaan di MCC, Huawei IdeaHub meningkatkan efisiensi ketika mempersiapkan perkuliahan, serta memfasilitasi metode belajar dan komunikasi jarak jauh. Mahasiswa daring dan luring juga aktif berinteraksi dan mengikuti sesi tanya-jawab sehingga suasana kelas menjadi lebih dinamis. Hasilnya, mahasiswa merasa lebih terlibat dan berkonsentrasi selama perkuliahan berlangsung, dan mereka dapat menyerap materi perkuliahan secara lebih efisien.

Membuka Babak Baru Pendidikan Pintar di Mabalacat

Kini, MCC telah menggunakan Huawei IdeaHub di seluruh ruang kuliah, serta melayani lebih dari 4.000 dosen dan mahasiswa. Dengan membangun smart classroom, MCC sukses menerapkan beragam aplikasi mutakhir, termasuk aplikasi perkuliahan jarak jauh dan interaktif, fitur berbagi bahan perkuliahan yang bermutu tinggi, serta pembelajaran aktif. Setelah mengatasi kendala platform belajar daring yang biasa, orientasi MCC telah beralih dari pendekatan yang mengutamakan dosen menjadi pendekatan yang mengutamakan mahasiswa. Hal ini pun menghasilkan peningkatan signifikan dari sisi efektivitas dan kualitas.

"Mabalacat kini memiliki satu institut dan satu sekolah kejuruan. Keduanya sempat menghadapi tantangan dalam metode hybrid learning, bahkan kualitas pembelajaran tergolong rendah akibat kendala platform daring yang biasa. Namun, kolaborasi MCC dan Huawei dalam pengembangan smart classroom secara efektif mengatasi isu tersebut. Huawei IdeaHub mengintegrasikan teknologi data dan videoconferencingt HD dalam satu perangkat tunggal dan pintar. Dengan demikian, komunikasi daring dan luring menjadi lebih lancar antara dosen dan mahasiswa. Hal ini turut meningkatkan perkuliahan secara signifikan." Menurut President, MCC, Michelle Aguilar-Ong, "Fasilitas smart classroom MCC telah menjadi standar smart teaching di Mabalacat, serta banyak dipakai di kota ini. Setelah banyak lembaga pendidikan beralih menuju inovasi pendidikan dan kemajuan teknologi, pendidikan digital menjadi langkah penting bagi Mabalacat, terutama untuk mempercepat perkembangan pendidikan pintar dan pembinaan SDM bermutu tinggi dengan keahlian komprehensif."

Artikel ini dimuat majalah ICT Insights edisi Smart Education. Informasi lebih lanjut tersedia di situs resmi Huawei: https://e.huawei.com/en/ict-insights/global/ict_insights/ict34-intelligent-education

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023