Kupang (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyatakan kesiapan membawa Gibran Rakabuming Raka untuk berkampanye di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Insya Allah secepatnya, saya sudah sampaikan ke mas cawapres (Gibran, red) untuk bisa datang ke NTT," katanya saat safari politik di Kota Kupang, NTT, Jumat.

Kaesang menegaskan jika dirinya bukan Gibran Rakabuming. Kalau Kaesang kata dia, adalah Ketua Umum PSI, sementara Gibran merupakan cawapres yang diusung oleh PSI.

"Seminggu sebelumnya, ada yang memanggil saya Mas Gibran, saya keberatan, karena saya berbeda partai dengan beliau. Kalau sekarang, tidak masalah, soalnya satu koalisi," jelasnya.

PSI merupakan salah satu dari sembilan partai politik yang mengusung pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024. Delapan partai lainnya yakni Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, Garuda dan Prima.

Baca juga: Kaesang lakukan safari politik PSI di NTT

Baca juga: Kaesang minta PSI NTT menangkan partai dan Prabowo-Gibran


Gibran Rakabuming merupakan putra sulung Presiden Jokowi, sementara Kaesang Pangarep merupakan putra bungsu dari Jokowi.

Diketahui, pada Pemilu 2019, pasangan Jokowi-Ma'ruf berhasil meraih 2.368.982 suara atau 88,57 persen di NTT, jauh dari pasangan Prabowo-Sandi sebesar dengan 305.587 suara atau 11,43 persen.

Pada Pemilu 2024, Presiden Jokowi sudah menyelesaikan kepemimpinan untuk periode kedua. Gibran Rakabuming sebagai putra sulung, mencoba maju sebagai bakal cawapres, berpasangan Prabowo Subianto.

Sebelumnya, Asnat Lay yang juga Ketua Kader Posyandu Kenari, Kelurahan Naikoten I, Kota Kupang menyatakan sosok Gibran Rakabuming, merupakan sosok yang dianggap mampu melanjutkan program Presiden Jokowi.

"Bibit yang baik akan menghasilkan hasil yang baik. Dalam tiga tahun terakhir, banyak mendapatkan perhatian dari Bapak Jokowi," ungkapnya.

Kaesang Pangarep bersama sejumlah elite PSI melaksanakan safari politik di NTT, 27-28 Oktober 2024.

Dalam safari politik selama dua hari itu, Kaesang dijadwalkan menghadiri beberapa kegiatan di antaranya memberikan arahan pada kegiatan kopi darat wilayah (Kopdarwil) PSI dirangkaikan dengan Konsolidasi pemenangan pengurus dan bakal calon legislatif (caleg) PSI se NTT.

Silaturahmi bersama relawan Jokowi di NTT di antaranya Bara JP, Solmet dan Alap Alap Jokowi. Silaturahmi bersama perwakilan tokoh agama, suku, adat, organisasi pemuda dan organisasi kemasyarakatan. Serta, mengunjungi sentra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023