Kami selalu mengingatkan warga tetap waspada untuk menghindari jatuh korban jiwa,"
Lebak (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mengimbau warga yang tinggal di daerah aliran sungai dan perbukitan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan longsor, menyusul curah hujan selama sepekan mendatang cukup tinggi.

"Peringatan imbauan ini guna mengantisipasi korban jiwa," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Lebak Muklis di Rangkasbitung, Selasa.

Selama ini, daerah rawan longsor di Kabupaten Lebak tersebar di sembilan kecamatan karena lokasinya di perbukitan dan daerah aliran sungai (DAS).

Sebanyak sembilan kecamatan itu, adalah Lebak Gedong, Cibeber, Cipanas, Muncang, Sobang, Gunungkencana, Bojongmanik, Cimarga, dan Cigemblong.

"Kami selalu mengingatkan warga tetap waspada untuk menghindari jatuh korban jiwa," katanya.

Ia menjelaskan bahwa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang memperkirakan selama sepekan mendatang cuaca ekstrem melanda wilayah Banten bagian barat dan utara.

Cuaca ekstrem itu ditandai dengan curah hujan meningkat disertai angin kencang. Curah hujan dengan intensitas ringan dan sedang, Selasa (11/6), terjadi sejak siang sampai dengan malam hari.

Namun, kata dia, curah hujan tersebut tidak menimbulkan banjir, tetapi warga perlu mewaspadai ancaman longsor.

Saat ini, wilayah Kabupaten Lebak merupakan langganan longsor karena selain terdapat DAS juga topografi perbukitan dan pegunungan.

"Kami saat ini tetap berkoordinasi dengan TNI, Polri, PMI, Dinkes, kecamatan, dan desa untuk mengatasi longsor itu," katanya.

Koordinator Relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lebak Aan Wiguna mengatakan bahwa pihaknya mempersiapkan tim guna membantu warga yang tertimpa musibah, baik banjir maupun tanah longsor.

"Kami sudah siap melayani masyarakat saat terjadi bencana alam," katanya.

Ia menjelaskan saat ini jumlah anggota relawan Tagana tercatat 228 personel yang tersebar di 28 kecamatan.

"Relawan Tagana Lebak selalu siap 24 jam dalam memberikan bantuan pertolongan kepada warga yang tertimpa musibah. Kami juga selalu menjalin komunikasi aktif baik dengan unsur desa, muspika, hingga BPBD Lebak," katanya.

(KR-MSR/M029)

Pewarta: Mansyur
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013