Kami belum memastikan apakah benar benda di dalam bungkusan itu adalah bom. Sementara benda ini diamankan dulu, dugaan awal berisi besi padat,"
Pekanbaru (ANTARA News) - Tim penjinak bom dari Gegana Brimob Polda Riau turun ke lokasi penemuan bungkusan diduga bom di Jalan Dempo, RT.01, RW.06, Kelurahan Rintis, Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru, dan langsung mengamankannya.

"Kami belum memastikan apakah benar benda di dalam bungkusan itu adalah bom. Sementara benda ini diamankan dulu, dugaan awal berisi besi padat," kata Kapolsek Limapuluh, Kompol Defrianto yang ditemui di lokasi penemuan barang mencurigakan itu, Selasa malam.

Kepala Polisi Resort Kota (Kapolresta) Pekanbaru, Kombes (Pol) Adang Ginanjar yang juga turun ke lokasi kejadian menjelaskan saat ini bungkusan seberat tiga kilogram tersebut masih dalam tahap pengecekan di Markas Brimob Polda Riau.

"Informasi awal yang saya terima, benda itu bukan bom, namun benda seperti besi padat. Namun hal itu tentu butuh proses pengecekan lebih jauh," katanya.

Sejumlah wartawan menanyai kemungkinan adanya unsur teror karena benda mencurigakan itu diletakkan orang tak dikenal tidak jauh dari rumah dinas kediaman Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea dan Cukai.

Namun Kapolresta Pekanbaru memastikan bungkusan mencurigakan itu tidak ada kaitannya dengan dugaan teror terhadap Kepala Kanwil Bea dan Cukai.

"Yang jelas, kami akan memeriksa sejumlah saksi-saksi dilapangan. Meski bukan bom, benda ini sudah sangat meresahkan dan membuat repot. Pelakunya bisa dijerat dengan masalah hukum," katanya.

Sebelumnya, bungkusan mencurigakan berwarna putih itu pertama sekali ditemukan seorang warga bernama Ernawati (53) yang posisinya tepat berada didepan warung miliknya sekitar pukul 19.30 WIB.

Bahkan saksi mata ini mengaku sempat memegang benda mencurigakan itu sebelum akhirnya melaporkannya ke aparat kepolisian setempat.

Benda mencurigakan itu tepat berda di samping pagar milik rumah seorang warga dan hanya berjarak 50 meter dari rumah Dinas Kepala Kanwil Bea Cukai Pekanbaru.

Tim Kepolisian dari Polsek Limapuluh bersama tim identifikasi Polresta yang mendapat informasi penemuan benda mencurigakan itu langsung turun ke lokasi penemuan.

Bahkan aparat sempat mencoba membuka bungkusan mencurikan itu dengan menggunakan sebilah pisau untuk mengoyak bungkusan itu. Namun ketika diketahui isinya merupakan benda padat sejenis besi, petugas mengurungkan niatnya.

Hingga akhirnya Tim Gegana Brimob Polda Riau turun ke lokasi tepat pada pukul 21.30`WIB dan langsung mengamankan benda mencurigakan itu.
(*)

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013