Kami berharap, dengan anugerah Investasi 2023 ini, dapat menginspirasi dan terus mendukung inovasi para pelaku usaha.
Batam (ANTARA) - Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan kepada tokoh serta perusahaan yang ikut berperan dalam peningkatan perekonomian dan pembangunan di Kota Batam, dalam ajang Investment Award 2023.
 
Kepala BP Batam Muhammad Rudi mengatakan, pemberian penghargaan itu bertujuan untuk terus mendukung inovasi para pelaku usaha yang sudah berinvestasi di Batam. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan BP Batam sebagai rangkaian Hari Bakti BP Batam ke-52.
 
"Kami berharap, dengan anugerah Investasi 2023 ini, dapat menginspirasi dan terus mendukung inovasi para pelaku usaha. Sehingga potensi Batam dapat terus dikembangkan sebagai salah satu daerah terkemuka tujuan investasi di Indonesia," ujar Rudi di Batam Kepulauan Riau, Jumat.
 
Untuk itu, dia juga mengapresiasi kepada pelaku usaha dan seluruh pihak atas kerja kerasnya untuk dapat menciptakan iklim investasi yang baik di Kota Batam. Sebab, iklim investasi yang kondusif merupakan dambaan para investor.
 
Adapun kategori yang menerima penghargaan tersebut yakni, penghargaan untuk tokoh seumur hidup Kota Batam yang diberikan kepada B.J Habibie.

Kemudian ada juga penghargaan untuk perusahaan-perusahaan yang ada di Batam, yakni penghargaan tokoh logistik dan ekspedisi Batam, penghargaan untuk kawasan industri terintegrasi terbaik, penghargaan perusahaan dengan tenaga kerja terbanyak dan terbaik, penghargaan PMA manufaktur AS tertinggi, penghargaan PMA galangan kapal terbaik, penghargaan PMA dengan perluasan terbesar, penghargaan PMA dengan realisasi investasi terbesar, penghargaan PMA dengan ekspor tertinggi dan penghargaan PMA kepatuhan pelaporan penyampaian LKPM.
 
Apresiasi itu juga diberikan kepada BP Batam karena jumlah nilai PMA yang mengalami kenaikan 1,56 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Di sisi lain, perubahan proyek PMA pada Semester I 2023 juga mengalami kenaikan drastis, dengan capaian sebesar 142,39 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu.
 
Tidak hanya hanya itu kata dia, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, nilai ekspor semester I tahun 2023 di Kota Batam sebanyak 7,5 miliar dolar Amerika dan nilai impor sebanyak 7,2 miliar dolar Amerika.

Baca juga: BP Batam: Nilai PMA semester I-2023 capai 1,2 miliar dolar AS
Baca juga: BP Batam membahas peluang investasi dengan delegasi Swedia

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023