Palembang (ANTARA) -
Siswa pada salah satu sekolah menengah atas di Kota Palembang mengenakan seragam berbagai profesi saat pembelajaran berlangsung guna memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023.
 
Kepala SMA Islam Az -Zahrah Palembang Suripto di Palembang, Sumsel, Sabtu, mengatakan bahwa kegiatan memperingati hari Sumpah Pemuda itu juga dilakukan langsung pemilihan ketua Osis untuk mengajarkan para siswa bagaimana proses demokrasi yang baik.
 
Berbagai jenis seragam profesi dipakai oleh para siswa mulai dari seragam TNI, Polri, dokter, kejaksaan, guru, pilot, perawat, pemadam kebakaran, hingga ada yang mengenakan seragam petani.
 
Ia berharap para siswa mampu meneladani perjuangan para pemuda zaman merebut kemerdekaan Indonesia yakni semangat belajar, pantang menyerah, semangat persatuan, kerja keras, dan cinta Tanah Air.
 
Menurut para siswa SMA tersebut momen hari Sumpah Pemuda menjadi motivasi untuk terus belajar dan mengenang jasa para pahlawan Nasional.
 
"Senang rasanya bisa memperingati hari Sumpah Pemuda karena dengan memakai seragam ini kami termotivasi untuk terus belajar dan berharap bisa suatu saat meneruskan perjuangan para pemuda pejuang Indonesia Merdeka," kata Riana seorang siswi kelas 12 SMA.
 
Hal senada dikatakan Iksan "Biasanya kami sekolah pakai seragam sekolah dan momentum hari Sumpah Pemuda ini kami memakai seragam profesi ini menjadi sesuatu yang unik dan berkesan bagi kami untuk semangat belajar menggapai cita-cita," kata Iksan.
 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023