Kalau kita temukan kanker payudara dalam stadium awal, bentuk payudaranya bisa dipertahankan
Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis bedah konsultan onkologi RSUP Fatmawati dr. Yadi Permana, SpB(K)Onk mengatakan bahwa tidak semua pengidap kanker payudara memerlukan operasi mastektomi (pengangkatan payudara), khususnya jika kanker didiagnosis pada stadium awal.

"Kalau kita temukan kanker payudara dalam stadium awal, bentuk payudaranya bisa dipertahankan," ujar Yadi usai agenda Breast Cancer Awareness Month 2023 Kalbe Farma di Jakarta, Sabtu.

Selain tidak memerlukan pengangkatan payudara, menurut dia, dalam beberapa kasus, kemoterapi pun tidak diperlukan bagi perempuan dengan kanker payudara stadium awal.

Namun, pemeriksaan medis perlu ditempuh perempuan yang mendapati kejanggalan pada payudaranya, seperti apabila muncul benjolan, karena tidak semua benjolan adalah tumor atau kanker.

Apabila pemeriksaan medis mendapati benjolan di payudara adalah tumor jinak, operasi yang dilakukan cukup pada pengangkatan tumor, dan payudaranya dapat dipertahankan.

Baca juga: Penerimaan diri langkah pertama pemulihan psikologis pengidap kanker

Yadi menyebutkan beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara adalah menstruasi pertama pada usia terlampau muda, melahirkan anak pertama di usia lebih dari 35 tahun, serta gaya hidup tidak sehat seperti kerap mengonsumsi alkohol dan merokok.

Selain itu, faktor genetika, seperti ada anggota keluarga yang mengidap kanker, juga menjadi faktor yang meningkatkan risiko kanker.

Ia pun memastikan gaya hidup sehat, melahirkan anak pada usia di bawah 35 tahun, dan menyusui bayi sampai usianya dua tahun adalah hal-hal yang dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Deteksi dini dan pencegahan risiko juga merupakan langkah penting yang dapat mengurangi potensi kematian akibat kanker payudara dan memperbesar tingkat kesembuhannya.

"Pencegahan dan deteksi dini, dua itulah yang menjadi kunci utama untuk penanganan kanker yang lebih baik," kata Yadi menegaskan.

Data Globocan tahun 2020 menunjukkan jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 65.858 kasus atau 16,6 persen dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia, dan jumlah kematian akibat kanker tersebut pada 2020 mencapai lebih dari 22 ribu jiwa kasus.

Sementara itu, untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker payudara, masyarakat dunia memperingati bulan Oktober sebagai Bulan Peduli Kanker Payudara.

Baca juga: Spesialis ingatkan pentingnya deteksi kanker payudara sejak dini 

Baca juga: Evaluasi risiko kanker payudara bisa dilakukan lewat "buccal swab"

Baca juga: Wanita di bawah usia 40 tahun boleh jalani pemeriksaan mammografi


Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023