Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperkuat identitas dan karakter generasi muda melalui berbagai kegiatan seni budaya, termasuk menggelar "Gemilang Jakarta" di Plaza Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu.
 
Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan, pihaknya melalui "Gemilang Jakarta" pada peringatan Hari Sumpah Pemuda berupaya menghadirkan kesempatan bagi pemuda untuk berkolaborasi dalam aktivitas seni dan mengungkapkan cinta terhadap budaya Jakarta.
 
"'Gemilang Jakarta' melibatkan dominasi dari tenaga muda, generasi muda untuk mengangkat harkat, citra dan martabat masyarakat DKI. Tujuannya mengangkat kepercayaan diri para pemuda," kata Iwan.
 
Selain "Gemilang Jakarta", Dinas Kebudayaan DKI Jakarta akan mengadakan berbagai aktivitas seni buaya lainnya di Taman Ismail Marzuki (TIM).
 
"Saat ini kami sedang mempersiapkan 'Festival Teater Jakarta'. Semoga pegiat seni budaya melihat potensi-potensi seniman teater dan hadir di TIM untuk melihat langsung," ujar Iwan.

Baca juga: Bintang Musik Sekolah ajang lahirkan talenta seni budaya DKI Jakarta
Baca juga: 30 pelajar Jaksel siap tampil dalam Seni Musik Nusantara 2023
 
Dengan berbagai aktivitas tersebut, Dinas Kebudayaan DKI juga ingin mengajak masyarakat Jakarta untuk siap dan tidak khawatir dengan penanggalan status Ibu Kota Negara (IKN).
 
Menurut dia, Jakarta memiliki ciri dan karakter untuk siap bersaing menjadi kota global. Dia juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak.
 
Untuk acara "Gemilang Jakarta", Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan sejumlah musisi kenamaan untuk mengisi acara tersebut di antaranya Yeni Inka, Bebi Romeo, Titi DJ, ST12 dan Adi MS.
 
Selain itu ada juga bazar UMKM dan pesta musik rakyat dengan pertunjukan sinar laser.
 
"Aktivitas seni budaya adalah salah satu jawaban untuk memberikan semangat buat generasi muda agar mengeluarkan ide dan kreasi yang mengangkat mereka agar lebih kreatif," kata Iwan.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023