Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 200 petenis dari 59 daerah bersaing di Kejurnas Tenis Junior 2023 memperebutkan Piala Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Lapangan Tenis Pusbekangad, Lapangan Tenis Kodam Jaya, dan Lapangan Tenis Persada Halim, Jakarta, Sabtu.

"Animo besar diperlihatkan daerah dengan mengirim pemain binaan mereka ikut Kejurnas Tenis Junior IMTC memperebutkan Piala Jenderal Dudung Abdulrachman. Ini sekali lagi menandakan minat besar daerah melahirkan pemain tenis handal yang dapat mencetak prestasi tinggi untuk mengharumkan daerah bahkan Indonesia di kemudian hari," kata perwakilan IMTC Irawati Moerid dikutip dari keterangan resmi.

Irawati mengatakan IMTC selaku penyelenggara mendapatkan dukungan penuh dari Jenderal TNI Dudung Abdulrachman untuk menggelar Kejurnas Tenis Junior IMTC.

"Jenderal Dudung sangat peduli terhadap prestasi anak bangsa. Dengan adanya kejurnas junior ini, beliau ikut menjadi bagian dari pembinaan tenis junior di Indonesia. Tadinya kejurnas ini berlabel Piala KASAD, tapi karena Jenderal Dudung Abdulrachman sudah diganti akhirnya label berganti jadi Piala Jenderal Dudung Abdulrachman," kata Irawati.

Kejurnas Tenis Junior IMTC ini mempertandingkan tujuh kategori yang terbagi Red Ball ( U-8), Orange Ball putra dan putri, junior TDP kelompok umur (KU) under-10, 12, 14, 16 dan 18.

Dijelaskan Irawati, tiga hari menjelang pertandingan semua harus direvisi terkait adanya pergantian di institusi TNI.

Baca juga: Djokovic dan Swiatek mulai musim 2024 dengan tampil di Perth

"Jenderal Dudung Abdulracman tetap berkomitmen untuk memberikan peluang kepada bibit-bibit petenis junior di Tanah Air untuk bertanding, mematangkan mental dan kemampuan. Nantinya mereka diharapkan akan menjadi pemain tenis handal Indonesia, apalagi beliau paham jika para petenis dari luar daerah sudah membeli tiket dan reservasi penginapan bahkan ada yang sudah dalam perjalanan saat pergantian di institusi TNI," ungkap Irawati.

Dalam ajang ini terdapat tiga petenis nasional yang bakal bersaing di sejumlah kategori memperebutkan gelar juara. Adapun ketiga petenis peringkat satu nasional yang hadir terdiri: Marshella Limpong dari Jakarta (KU-10 putri), Sherena Valencia dari Musi Banyuasin (KU-14 putri), dan Rafa Jeconia Mangusong (KU-16 putra).

"Persaingan merebut juara kali ini akan berlangsung ketat disebabkan hadirnya petenis peringkat satu nasional untuk KU-10 putri, KU 14 putri, dan KU-16 putra. Kehadiran ketiganya menjadi daya tarik tersendiri karena petenis lainnya sudah barang pasti ingin dapat menang dari mereka," sambung Irawati.

Baca juga: Petenis veteran Gael Monfils menangi gelar ATP ke-12nya di Stockholm

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023