Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan delapan kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berpotensi terjadi hujan ringan, sedangkan dua daerah lainnya yakni Kota Bontang dan Kabupaten Berau diprakirakan cerah pada Minggu-Senin (29-30/10).

"Delapan kabupaten dan kota yang diprakirakan hujan ringan adalah Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Paser, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Mahakam Ulu," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Sabtu.

Bagi daerah yang diprakirakan hujan ringan, ia mengimbau masyarakat setempat waspada terhadap dampaknya seperti akan terjadi genangan dan kemungkinan jalanan licin, terutama pengendara sepeda motor yang tetap jalan karena hanya hujan ringan, padahal jalanan licin yang bisa menyebabkan terpeleset.

Baca juga: BMKG ingatkan beberapa wilayah berpotensi hujan badai

Sedangkan bagi daerah yang mengalami cuaca cerah, agar saling menjaga dan tidak sembarangan melakukan pembakaran saat membuka atau mengelola lahan, karena dikhawatirkan api merambat ke lahan atau hutan.

Ia menjelaskan delapan daerah yang hujan ringan tersebut, antara lain di Kota Samarinda hanya terjadi pada Minggu pagi pukul 08.00 Wita di enam kecamatan yakni Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Sambutan, setelah itu cerah sampai Senin pagi.

Di Kota Balikpapan, hujan ringan berpotensi terjadi pada Minggu sekira pukul 14.00 Wita di tiga kecamatan yakni Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Barat, dan Balikpapan Utara, pukul 17.00 Wita dan 20.00 Wita di Kecamatan Balikpapan Kota.

Baca juga: BMKG-Pelni kolaborasi tingkatkan keselamatan pelayaran nasional

Di luar waktu tersebut, semua kecamatan di Balikpapan diprakirakan mengalami cerah hingga Senin pagi, kecuali Kecamatan Balikpapan Kota yang diprakirakan hujan ringan pada Senin sekira pukul 08.00 Wita.

Di Kabupaten Kutai Barat, pada Minggu pukul 23.00 Wita hingga Senin pukul 05.00 Wita hujan ringan berpotensi terjadi hampir di semua kecamatan, sedangkan Senin pagi sekitar pukul 08.00 Wita hujan ringan di tujuh kecamatan yakni Bentian Besar, Damai, Melak, Barong Tongkok, Nyuatan, Sekolaq Darat, dan Siluq Ngurai.

Baca juga: 10 persen wilayah Indonesia masuk musim hujan pada akhir Oktober

"Kabupaten Mahakam Ulu pada Minggu pukul 17.00 Wita, hujan ringan di tiga kecamatan yakni Long Apari, Long Bagun, dan Long Pahangai. Minggu pukul 20.00 Wita hingga Senin pukul 05.00 Wita hujan ringan berpotensi terjadi di semua kecamatan," kata Iwan.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023