Jakarta (ANTARA) -
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyelenggarakan pameran Galeri Seni Kontemporer (Contemporary Art Gallery/CAG) yang menampilkan karya para seniman muda dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.
 
Direktur Utama TMII Claudia Ingkiriwang menjelaskan, pihaknya membuka kesempatan bagi para perupa muda untuk berekspresi dengan melukis bersama dan memamerkan karya terbaiknya di ruang pameran CAG TMII.
 
"Kami menyediakan wadah bagi para pemuda yang ingin berkarya, namun masih memiliki keterbatasan ruang untuk berekspresi," kata Claudia saat membuka pameran seni rupa bertema "Mudaku" dan "Lang-lang Hayat" di CAG TMII, Jakarta Timur, Sabtu.

Di sinilah para seniman muda bisa menampilkan karya terbaik. "Tentunya kami akan terus mendorong para pemuda agar tidak patah semangat dalam mengekspresikan diri," katanya.
Direktur Utama Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Claudia Ingkiriwang saat memberikan keterangan pers di sela-sela pameran seni rupa di "Contemporary Art Gallery" (CAG) TMII, Jakarta Timur, Sabtu (28/10/2023). Pameran seni rupa itu dibuka dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. ANTARA/Syaiful Hakim
Menurut dia, pemuda memiliki peran penting dalam perkembangan seni kontemporer.
"Lahirnya seni kontemporer Indonesia tidak lepas dari gerakan perupa muda yang mengkritik para seniman mapan dan elitis," tuturnya.

Bertepatan Hari Sumpah Pemuda, CAG TMII menapaki langkah baru dengan mengadakan "The Kick off Contemporary Art Gallery" TMII yang diawali dengan "live painting" pada 20-24 Oktober 2023.

"Live painting" itu diikuti oleh 100 perupa muda sebagai bentuk ungkapan ekspresi. "Bagaimana tidak mudahnya menjadi anak muda versi diri sendiri di lingkungan sosial," katanya.

​​​​​​​"Lukisan mereka menjadi media untuk menyampaikan pesan positif kepada publik tentang permasalahan dan harapan anak muda masa kini," kata Claudia.

Baca juga: Menhub resmikan pusat pameran kendaraan listrik di TMII
 
Seorang pengunjung tengah melihat hasil karya para perupa muda yang dipamerkan di "Contemporary Art Gallery" (CAG) Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (28/10/2023). Pameran seni rupa itu dibuka dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. (ANTARA/Syaiful Hakim)
CAG TMII akan terus memberikan ruang kepada para seniman muda di Indonesia, para kreator, pelaku seni untuk bisa berkreasi dengan mudah.

"TMII berikan akses dan ruang bagi seniman untuk berekspresi bersama. Pada pameran ini kita hadirkan 100 seniman muda yang kita pajang karyanya, ekspresikan pemahamannya tentang masa muda," katanya.
 
Pameran yang berlangsung sejak 28 Oktober 2023 hingga 7 Januari 2024 itu secara gratis bagi pengunjung TMII.
 
"Tidak dipungut biaya. Pameran ini diberikan secara bagi pengunjung yang ingin melihat hasil karya seniman muda," ujarnya.
​​​
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023