Dengan adanya acara ini, termasuk rangkaian Hari Jadi ke-22 Kota Batu, kita harapkan target sepuluh juta kunjungan wisatawan bisa tercapai
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Ajang Batu Art Flower Carnival yang digelar di Kota Batu, Jawa Timur diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan di wilayah tersebut, dimana pada 2023 ditargetkan ada sepuluh juta kunjungan wisatawan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai di Kota Batu, Minggu mengatakan bahwa Batu Art Flower Carnival merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-22 Kota Batu, yang diharapkan mampu memberikan dorongan terhadap sektor perekonomian di wilayah tersebut.

"Dengan adanya acara ini, termasuk rangkaian Hari Jadi ke-22 Kota Batu, kita harapkan target sepuluh juta kunjungan wisatawan bisa tercapai," kata Aries.

Aries menjelaskan, berdasarkan laporan yang ia terima, hingga Oktober 2023 jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah Kota Batu telah mencapai tujuh juta kunjungan. Diharapkan, kunjungan tersebut akan meningkat memasuki akhir tahun dan memenuhi target yang ditetapkan yakni sebesar sepuluh juta kunjungan.

Menurut dia, berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batu, tingkat keterisian atau okupansi hotel di wilayah tersebut pada akhir pekan sebelum penyelenggaraan Batu Art Flower Carnival sudah dipenuhi wisatawan.

"Saya mengecek, di seluruh hotel termasuk vila, rata-rata sudah penuh. Kegiatan ini menarik kunjungan wisatawan," katanya.

Menurut dia, dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-22 Kota Batu, Pemerintah Kota Batu telah menyiapkan sebanyak 37 kegiatan yang diharapkan mampu memberikan dampak bagi peningkatan perputaran ekonomi Kota Batu.

Setiap kegiatan yang dilakukan, lanjutnya, mengusung konsep ekonomi kerakyatan yang pada akhirnya diharapkan mampu mendorong kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut. Ia berharap, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun untuk mendorong perekonomian Kota Batu.

"Setiap event yang kita selenggarakan berkonsep ekonomi kerakyatan. Ini mengundang wisatawan, sehingga ada perputaran ekonomi yang cukup besar," katanya.

Baca juga: Pemkot Batu canangkan gerakan ASN belanja ke pasar rakyat

Baca juga: Menteri LHK: Kota Batu jadi contoh pengelolaan sampah perkotaan



Batu Art Flower Carnival 2023, merupakan parade yang digelar di sepanjang jalan Panglima Sudirman Kota Batu, dengan menghadirkan berbagai kreasi dari tiap-tiap desa termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di wilayah tersebut.

Batu Art Flower Carnival merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-22 Kota Batu yang jatuh pada 17 Oktober 2023. Dinas Pariwisata telah menggelar sejumlah kegiatan lain seperti bersih lingkungan, pentas budaya, Batu fun run, festival musik, dan lainnya.

Rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-22 Kota Batu yang mengedepankan kepentingan masyarakat dengan menggelar berbagai kegiatan bertaraf nasional dan internasional, yang diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat setempat.


Baca juga: Kota Batu diharapkan tingkatkan kunjungan wisatawan

Baca juga: Pemkot Batu luncurkan program untuk bangun potensi ekonomi lansia


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023